KEDUDUKAN PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA ATAS PEMBAGIAN HARTA WARISAN PADA MASYARAKAT HINDU DALAM HUKUM HINDU (Studi di Sekretariat PHDI Provinsi NTB)

WAYAN RETNO, ARTAMEVIA (2023) KEDUDUKAN PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA ATAS PEMBAGIAN HARTA WARISAN PADA MASYARAKAT HINDU DALAM HUKUM HINDU (Studi di Sekretariat PHDI Provinsi NTB). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WAYAN RETNO ARTAMEVIA KOREKSI KE 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI NENOK Part2.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui kedudukan dan peran Parisada Hindu Dharma Indonesia dalam Penyelesaian sengketa waris bagi masyarakat Hindu dan hak serta bagian ahli waris menurut Hukum Hindu. Penelitian ini menggunakan metode hukum normatif empiris dilakukan dengan studi di Sekretariat PHDI Provinsi NTB. Berdasarkan hasil penelitian, akhirnya dapat disimpulkan bahwa kedudukan dan peran Parisada Hindu Dharma Indonesia dalam penyelesaian sengketa waris bagi masyarakat Hindu adalah hanya berperan sebagai saksi ahli untuk memberikan pendapat serta pandangan sesuai keahliannya. Parisada juga memiliki kedudukan sebagai mediator yaitu, pihak ketiga yang bersifat netral yang dihadirkan untuk menyelesaikan masalah dan memberikan perdamaian kepada para pihak. Masyarakat Hindu, telah menerapkan sistem pembagian waris secara individual dan mayoret bercorak Patrilineal yaitu, anak laki-laki tertua lebih diutamakan dan lebih menonjol. Tetapi seiring berjalannya waktu, sistem mayoret ini telah bergeser karena saat ini tidak berpatokan pada anak laki tertua, tetapi semua anak laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama atas bagian warisan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kedudukan, Peran, Pembagian Harta
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 May 2023 07:30
Last Modified: 09 May 2023 07:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37551

Actions (login required)

View Item View Item