THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' LEARNING AUTONOMY USING YOUTUBE AND STUDENTS LISTENING SKILLS: A STUDY AT STATE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL IN WEST LOMBOK

AHMAD TAUFIQ, HIDAYAT (2023) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' LEARNING AUTONOMY USING YOUTUBE AND STUDENTS LISTENING SKILLS: A STUDY AT STATE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOL IN WEST LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
thesis..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
artikel taufiq.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menyelidiki hubungan antara kemandirian belajar menggunakan YouTube dengan keterampilan menyimak siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lombok Barat. Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional, dengan analisis korelasi koefisien product-moment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Negeri Lombok Barat yang berjumlah 172 siswa. Simple random sampling digunakan untuk memilih sekitar 20% dari populasi, menghasilkan 33 peserta. Penelitian ini menggunakan angket tertutup dengan skala Likert dari sangat setuju hingga sangat tidak setuju dan tes mendengarkan pilihan ganda sebagai metode pengumpulan data. IBM SPSS 25 for Windows digunakan untuk membantu proses analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,049 yang lebih kecil dari 0,05. Artinya belajar mandiri menggunakan YouTube berkorelasi signifikan dengan keterampilan menyimak siswa. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Namun, ditemukan pula bahwa kemandirian belajar dengan menggunakan YouTube hanya memiliki kontribusi yang rendah yaitu sebesar 34% terhadap keterampilan menyimak siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Studi Korelasi, Otonomi Belajar Menggunakan Youtube, dan Keterampilan Mendengar Siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 May 2023 10:11
Last Modified: 11 May 2023 10:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37792

Actions (login required)

View Item View Item