IDENTIFIKASI SENYAWA AKTIF ANTIOKSIDAN EKSTRAK METANOL KULIT BATANG GAHARU (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke) VARIETAS SOYUN DARI AREA PENANAMAN DESA KEKAIT LOMBOK BARAT

JULI, ATMAYANTIKA (2023) IDENTIFIKASI SENYAWA AKTIF ANTIOKSIDAN EKSTRAK METANOL KULIT BATANG GAHARU (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke) VARIETAS SOYUN DARI AREA PENANAMAN DESA KEKAIT LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Juli Atmayantika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah Juli Atmayantika.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Gaharu (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke) merupakan jenis endemik dan termasuk tanaman langka yang tumbuh dipulau Lombok, yang diyakini sebagai sumber antioksidan karena memiliki kandungan berupa senyawa metabolit sekunder seperti senyawa golongan alkaloid, dan flavonoid. Antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui senyawa-senyawa yang terdapat dalam ekstrak metanol kulit batang gaharu varietas soyun dan untuk mengetahui bioaktivitasnya sebagai antioksidan. Ekstrak kulit batang gaharu diekstraksi dengan metode maserasi dan pemisahan senyawa menggunakan metode kromatografi lapis tipis dan kromatografi vakum cair. Uji aktivitas antioksidan dengan metode DPPH dan penentuan kandungan senyawa dengan spektroskopi GC-MS. Hasil uji aktivitas antioksidan menunjukkan bahwa esktrak metanol memiliki peran sebagai antioksidan dengan nilai IC50 sebesar 277,326 dan kedua fraksi memiliki nilai IC50 berturut-turut sebesar 945,423 dan 2.186,944 ppm. Senyawa yang memiliki peran sebagai antioksidan adalah asam miristat, asam palmitat, asam linoleat, asam stearat, 2,4-di-tert-butilfenol, 2,6,10,14,18,22-tetrakosaheksan dan stigmast-5-en3-ol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Antioksidan, DPPH, Ekstrak Metanol, Gaharu
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 May 2023 03:28
Last Modified: 12 May 2023 03:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37839

Actions (login required)

View Item View Item