HUBUNGAN ASUPAN PROTEIN PADA IBU KETIKA HAMIL DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI LOKUS STUNTING KABUPATEN LOMBOK UTARA

Izza, Mufida (2023) HUBUNGAN ASUPAN PROTEIN PADA IBU KETIKA HAMIL DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI LOKUS STUNTING KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Publikasi Karya Tulis Ilmiah - Izza Mufida (H1A020053).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img]
Preview
Text
Karya Tulis Ilmiah - Izza Mufida (H1A020053).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Stunting pada balita merupakan permasalahan gizi kronis yang menjadi perhatian global. Stunting diidentifikasi sebagai proses siklus yang saling berkaitan dan seringkali dimulai sejak masa kehamilan sebagai tahap awal periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan asupan protein pada ibu ketika hamil dengan kejadian stunting pada balita di lokus stunting Kabupaten Lombok Utara. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian adalah ibu dari balita berusia 0-24 bulan sejumlah 106 responden di lokus stunting Kabupaten Lombok Utara. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Data diperoleh dari buku KIA dan kuisioner S-FFQ. Analisis bivariat menggunakan uji chi square. Hasil: Terdapat 60,4% ibu ketika hamil memiliki jumlah asupan protein yang tidak sesuai AKP, 48,1% dengan frekuensi asupan protein yang jarang, 38,7% dengan jenis asupan protein hewani yang jarang dan 44,3% dengan jenis asupan protein nabati yang jarang, serta terdapat 53,7% balita stunting di lokus stunting Kabupaten Lombok Utara. Hasil analisis bivariat menunjukkan variabel yang berhubungan dengan kejadian stunting adalah jumlah asupan protein (p-value 0,003), frekuensi asupan protein (p-value 0,000), dan jenis asupan protein hewani pada ibu ketika hamil (p-value 0,000). Simpulan: Terdapat hubungan antara asupan protein (jumlah dan frekuensi asupan protein serta jenis asupan protein hewani) pada ibu ketika hamil dengan kejadian stunting pada balita di lokus stunting Kabupaten Lombok Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Stunting, Asupan Protein, Kehamilan, 1000 HPK
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 May 2023 00:02
Last Modified: 15 May 2023 00:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37846

Actions (login required)

View Item View Item