PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN KAUSALITIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITITS DAN KREATIF PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI SUHU KALOR

KASMAH, HARWATI (2023) PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN KAUSALITIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITITS DAN KREATIF PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI SUHU KALOR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
tesis_KasmahHarwati_I2E019009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
jurnal Development_of_student_worksheet_to_improve_creatif.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (911kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD kausalitik materi suhu kalor untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik jenjang SMP yang layak, praktis, dan efektif. LKPD kausalitik yang dikembangkan memiliki karekteristik penyajian fenomena, tabel kausalitas, ruang penjelasan, dan soal latihan. Fenomena yang disajikan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik yang dapat dianalisis faktor penyebab dan akibat yang mungkin terjadi. LKPD dilengkapi dengan ruang penjelasan yang memfasilitasi peserta didik untuk memberikan argumen berdasarkan konsep dan prinsip IPA. Pengembangan LKPD kausalitik mengikuti model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Uji validitas LKPD kausalitik materi suhu kalor, RPP model pembelajaran kausalitik, dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif dilakukan oleh tiga orang ahli bidang pendidikan. Hasil kevalidan dari masing-masing produk dianalisis dengan persamaan Aiken’s V. Nilai kevalidan LKPD kausalitik materi suhu kalor rata-rata sebesar 0,90 dengan kategori sangat valid, nilai kevalidan RPP model pembelajaran kausalitik rata-rata sebesar 0,78 dengan kategori valid, serta nilai kevalidan instrumen tes berpikir kritis dan kreatif rata-rata sebesar 0,90 dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan LKPD kausalitik materi suhu kalor dinilai oleh sepuluh orang guru dan 28 peserta didik. Berdasarkan penilaian guru, LKPD kausalitik yang telah dikembangkan menarik dan sangat praktis digunakan. Selain itu termasuk mudah digunakan karena terdapat scaffolding. Hasil respon peserta didik terhadap LKPD yang telah dikembangkan menunjukkan bahwa LKPD kausalitik mudah digunakan, menarik, dan bermanfaat dalam pembelajaran materi suhu kalor. Hasil uji efektivitas LKPD kausalitik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik berdasarkan uji N-Gain dalam kategori sedang. Aspek fokus pada permasalahan dalam kemampuan berpikir kritis peserta didik memiliki N-gain tertinggi. Sedangkan pada kemampuan berpikir kreatif peserta didik aspek berpikir lancar memiliki nilai N-Gain tertinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): LKPD kausalitik, berpikir kritis, berpikir kreatif, peserta didik SMP, suhu kalor
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 May 2023 02:46
Last Modified: 16 May 2023 02:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37916

Actions (login required)

View Item View Item