The Correlation Between Self-Directed Learning and Students' Academic Writing Skills Undergraduate Program of English Education

Windiana, Rizkiani (2023) The Correlation Between Self-Directed Learning and Students' Academic Writing Skills Undergraduate Program of English Education. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Windiana Rizkiani_E1D018123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_Windiana Rizkiani_E1D018123.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dalam menulis akademik tidak lepas dari tingkat self-directed learning siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur korelasi antara tingkat self-directed learning dan akademik menulis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan analisis inferensial dalam Pearson Products Moment SPSS versi 25 untuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi hipotesis dan korelasi antara tingkat self-directed learning dan akademik menulis. Partisipan penelitian ini adalah 25 mahasiswa semester 9 yang telah mengikuti ujian proposal di program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mataram. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner RSSSDL yang dibagikan dan tes. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami self-directed learning dan academic writing tingkat tinggi dengan prosentase 32,00%, diikuti 68,00% sedang. Korelasi antara kedua variabel secara statistik signifikan pada tingkat 0,01. Nilai koefisien Pearson adalah 0,801, yang menunjukkan korelasi yang sangat kuat antara tingkat self-directed learning dan akademik menulis. Dengan demikian Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima karena nilai signifikansinya 2 ≥ (lebih dari) a. Artinya ada hubungan yang signifikan antara dua variabel, yaitu tingkat pembelajaran mandiri dan penulisan akademik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): self-directed learning (SDL), Universitas Mataram, Penulisan Akademik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 May 2023 02:42
Last Modified: 16 May 2023 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37923

Actions (login required)

View Item View Item