PERCERAIAN DI LUAR PENGADILAN PADA MASYARAKAT DESA ANGGARAKSA KEC. PRINGGABAYA KAB. LOMBOK TIMUR (Ditinjau Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974)

Devi, Anjani (2023) PERCERAIAN DI LUAR PENGADILAN PADA MASYARAKAT DESA ANGGARAKSA KEC. PRINGGABAYA KAB. LOMBOK TIMUR (Ditinjau Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEVI ANJANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH (DEVI ANJANI_D1A019136).pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata cara pelaksanaan perceraian dan untuk mengetahui faktor penyebab dan akibat hukum perceraian di luar pengadilan pada masyarakat di Desa Anggaraksa Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Hasil penelitian terungkap bahwa pelaksanaan perceraian sebagian masyarakat Desa Anggaraksa masih menggunakan proses perceraian dengan proses cerai talak, yang sebagian disaksikan dan tidak disaksikan. Adapun faktor penyebab perceraian di luar pengadilan disebabkan oleh faktor ekonomi, kebiasaan, kurangnya pemahaman dan kesadaran hukum, Akibat Hukum perceraian di luar pengadilan berdampak terhadap status perceraian yang tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum yang tetap, hak mantan istri tidak terpenuhi, harta benda bersama, perkawinan selanjutnya dan nafkah anak yang terlantar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perceraian di Luar Pengadilan, Masyarakat Anggaraksa
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 May 2023 02:39
Last Modified: 16 May 2023 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/37971

Actions (login required)

View Item View Item