ANALISIS YURIDIS PERJANJIAN KERJASAMA (SYIRKAH) PENGELOLAAN LAHAN TAMBAK GARAM ANTARA KOPERASI SYARIAH BINA LAUT DENGAN PEMILIK LAHAN (Studi di Desa Empol Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat)

ZAHIT, IDRIS (2023) ANALISIS YURIDIS PERJANJIAN KERJASAMA (SYIRKAH) PENGELOLAAN LAHAN TAMBAK GARAM ANTARA KOPERASI SYARIAH BINA LAUT DENGAN PEMILIK LAHAN (Studi di Desa Empol Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZAHIT IDRIS D1A118274.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH ZAHIT IDRIS D1A118274.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan perjanjian kerjasama (syirkah) pengelolaan lahan antara Koperasi Syariah Bina Laut dengan pemilik lahan ditinjau berdasarkan tinjauan hukum perdata dan penyelesaian sengketa dalam perjanjian kerjasama (syirkah) pengelolaan lahan antara Koperasi Syariah Bina Laut dengan pemilik lahan jika terjadi wanprestasi. Penelitian ini adalah jenis penelitian hukum Normatif dan Empiris, dengan metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan perundangundangan (Statute Approach), pendekatan konseptual (Conseptual Approach), dan pendekatan analisis (Analytical Approach). Sumber data di peroleh dari penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, jenis data yang di gunakan yaitu data primer, sekunder dan tersier dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta analisis deskriptif kualitatif. Perjanjian kerjasama (syirkah) pengelolaan lahan tambak garam ini ada beberapa orang yang melakukan wanprestasi seperti tidak menjalankan kewajibannya untuk pemenuhan keberlangsungan produksi. Pengelolaan lahan tambak garam pada pelaksanaannya ada beberapa pihak pengelola tidak melakukan penggarapan lahan, padahal pihak pengelola sudah melakukan pinjaman uang kepada Koperasi. Pada penyelesaiannya pihak pengelola diberikan toleransi terlebih dahulu oleh pihak Koperasi untuk memastikan keberlangsungan pengelolaan lahan tambak garam dengan diberikan jaminan atas unsur iktikad baik untuk melaksanakan kewajiban

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perjanjian, Kerjasama, Koperasi.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 May 2023 05:42
Last Modified: 16 May 2023 05:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38008

Actions (login required)

View Item View Item