ANALISIS PUTUSAN WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJASAMA DALAM PEMBANGUNAN VILA CARAVANSERAI LOMBOK (STUDI PUTUSAN NOMOR 83/pdt.G/2021/PN.Mtr)

SHIDQI ANDRIAN, PUTRA (2023) ANALISIS PUTUSAN WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJASAMA DALAM PEMBANGUNAN VILA CARAVANSERAI LOMBOK (STUDI PUTUSAN NOMOR 83/pdt.G/2021/PN.Mtr). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SHIDQI ANDRIAN PUTRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
JURNAL ILMIAH.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (365kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan wanprestasi dalam kontrak kerja menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan apa pertimbangan hakim dalam mengadili dan memutuskan perkara wanprestasi dalam perjanjian kontrak kerja (Studi Putusan Nomor 83/Pdt.G/2021/PN.Mtr). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan konseptual, pendekatan perundangan-undangan dan pendekatan kasus. Hasil penelitian menunjukkan pengaturan wanprestasi dalam perjanjian kontrak kerja merujuk pada pasal 1238 KUHPerdata, pasal 1243 KUHPerdata tentang akibat hukum terjadinya wanprestasi, pasal 1313 KUHPerdata tentang perjanjian dan khususnya pasal 1266 KUHPerdata tentang syarat batal perjanjian. Sedangkan Dasar pertimbangan hakim dalam mengadili dan memutuskan perkara pada Nomor. 83/pdt.G/2021/PN.Mtr adalah didasarkan atas gugatan yang diajukan oleh Penggugat serta pembuktian dipengadilan yang dilakukan oleh pihak Penggugat dan pihak Tergugat. Dimana Pihak Penggugat konvensi telah melakukan perbuatan wanprestasi karna tidak dapat membuktikan dalil-dalilnya dilain sisi pihak tergugat konvensi dapat membuktikan dalil-dalil sangkalannya berupa bukti-bukti yang dihadirkan dalam persidangan dan bukti yang ada dalam pemeriksaan lapangan oleh majelis hakim, yang mengakibatkan kerugian bagi pihak penggugat rekopensi karna tidak melakukan pembangunan villa sesuai yang telah diperjanjikan diawal dan menghukum tergugat rekonpensi untuk membayar ganti rugi materiil sejumlah Rp 154.013.000,00 (seratus lima puluh empat juta tiga belas ribu rupiah)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perjanjian Kontrak Kerja, wanprestasi
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 May 2023 23:22
Last Modified: 16 May 2023 23:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38032

Actions (login required)

View Item View Item