PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NESTED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 6 MATARAM

Nur, fitriah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NESTED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NUR FITRIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Jurnal ( Nurfitriah).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (138kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran nested terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang diambil menggunkan instrument tes angket 20 pertanyaan yang memenuhi validitas reliabilitas. Seluruh data di analaisis secara comparative analysis. Hasil kajian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara kelas eksperimen yang menggunakan model nested dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvesional, karena nilai mean berpikir kreatif dan kelas eksperimen lebih tinggi, maka disampulkan terdapat pengaruh penerapan model nested terhadap kemampuan berpikir kreatif. Impilikasi teoritis bahwa penggunaan model-model pembelajaran berbasis teori kontrustikvisme yang menjadi bagian penting dalam pembelajaran sosial

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nested, berpikir kreatif
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 May 2023 06:04
Last Modified: 19 May 2023 06:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38067

Actions (login required)

View Item View Item