LAYANAN ORIENTASI TENTANG TATA TERTIB DAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS VI SDN 1 WANASABA DAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

BAIQ NOPI, ROSIANI (2023) LAYANAN ORIENTASI TENTANG TATA TERTIB DAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS VI SDN 1 WANASABA DAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Baiq Nopi Rosiani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
2869-Article Text-13840-1-10-20230116.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (209kB)

Abstract

layanan orientasi adalah bimbingan yang diberikan oleh guru kelas kepada peserta didik (siswa) yang baru memasuki lingkungan baru dalam rangka mempermudah dan memperlancar peserta didik di lingikungan yang baru. Seperti sekolah, kelas baru, dan tata tertib sekolah yang isinya dalam bentuk tata tertib atau peraturan yang di tetapkan oleh sekolah agar siswa menaati dan melaksakannya. maka tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui bagaimana layanan orientasi tentang tata tertib dan perilaku disiplin siswa kelas VI SDN 1 Wanasaba Daya.penelitian ini berjenis deksriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VI SDN 1 Wanasaba Daya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1)Layanan orientasi diberikan kepada siswa baru di SDN 1 Wanasaba Daya siwa mampu menesesuaikan diri dengan kelas baru, mengetahui tata tertib dan aturan sekolah, paham mengenai cara belajar, peraturan kelas menekan terjadinya kesalahan baik itu dari sisi guru maupun siswa pada saat proses pembelajaran. Keselahan dapat terjadi pada saat belajar seperti hal yang berhubugan dengan perilaku, gaya belajar, dan kemampuan akademik siswa. (2) siswa perlu diberi informasi mengenai cara belajar, disiplin sekolah dan bagaimana memanfaatkan waktu belajar baik disekolah maupun dirumah agar nantinya siswa memiliki kedisiplinan yang tinggi. Ada siswa yang yang selalu sering berjajalan-jalan pada saat jam pelajaran, tidak pemperhatikan guru saat pembelajaran, lupa tentang sesuatu yang telah di pelajari dan sering usil (menggangu) teman saat di dalam kelas.(3) Cara guru menanamkan disiplin pada siswa melalui peraturan dan pemberian hukuman. Bentuk peraturan yang dilakukan guru siswa tidak boleh datang terlambaat dan siswa berpakaian rapi. Bentuk hukuman ang dilakukan guru di dalam kelas, saat siswa melanggar peraturan sekolah siswa akan diberi hukuman membersihkan kelas sampai bersih.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Layanan Orientasi, Tata Tertib, Perilaku Disiplin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 May 2023 06:03
Last Modified: 19 May 2023 06:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38071

Actions (login required)

View Item View Item