PEMANFAATAN DATA HUJAN CLIMATE HAZARDS GROUP INFRARED PRECIPITATION WITH STATION DATA (CHIRPS) UNTUK ANALISIS HUJAN RANCANGAN DI KABUPATEN LOMBOK UTARA

MIA JULIA, KAMTIKA (2023) PEMANFAATAN DATA HUJAN CLIMATE HAZARDS GROUP INFRARED PRECIPITATION WITH STATION DATA (CHIRPS) UNTUK ANALISIS HUJAN RANCANGAN DI KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir-Mia Julia Kamtika-F1A018140.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Artikel Ilmiah-Mia Julia Kamtika-F1A018140.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (1MB)

Abstract

Hujan rancangan merupakan besaran yang penting diketahui karena merupakan faktor utama menyebabkan banjir pada suatu DAS. Perhitungan curah hujan rancangan umumnya menggunakan data curah hujan terukur. Namun ketersediaan pos hujan pada beberapa daerah terkadang tidak memadai dalam segi jumlah maupun panjang rentang pengukuran datanya, sehingga digunakan alternatif lain salah satu nya satelit CHIRPS. Sebelum menganalisis hujan rancangan menggunakan metode Log Pearson Type III perlu dilakukan pendekatan nilai curah hujan satelit terhadap nilai curah hujan pengukuran dengan uji akurasi, kalibrasi, dan validasi. Dalam uji akurasi didapatkan nilai rata-rata RMSE dan NSE sebesar 31,342 mm dan 0,346 berinterpretasi tidak memenuhi. Selanjutnya, setelah uji kalibrasi didapatkan persamaan regresi dengan regresi polinomial orde 2, dimana nilai rata-rata RMSE, NSE, R terbaik sebesar 28,910 mm, 0,446 berinterpretasi memenuhi dan 0,671 korelasi kuat. Nilai hujan rancangan didapatkan untuk data ARR dengan data CHIRPS menghasilkan selisih dengan rata-rata persentase untuk kala ulang 2,5,10,25,50, dan 100 tahun berkisar antara 24-48% sedangkan untuk data ARR dengan data CHIRPS terkoreksi menghasilkan selisih dengan rata-rata persentase berkisar antara 8-34%. Nilai hujan rancangan dari data CHIRPS maupun terkoreksi nilai yang didapatkan lebih rendah dari data pengukuran, karena selisih yang didapatkan masih cukup besar, maka masih dibutuhkan penyusaian agar data CHIRPS lebih mendekati data pengukuran. Peta isohyet curah hujan rancangan menggunakan software ArcGIS untuk Wilayah Lombok Utara yang dianalisis menggunakan data hujan satelit CHIRPS dan CHIRPS terkoreksi menunjukkan nilai curah hujan rancangan tertinggi rata-rata terjadi pada sebelah timur Lombok Utara yaitu di stasiun Sambik Bangkol dan Santong dan hujan rancangan terendah terjadi pada sebelah barat Lombok Utara yaitu di stasiun Gunungsari dan Tanjung untuk kala ulang 2, 5, 10, 25, 50 dan 100 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Curah Hujan, Hujan Rancangan, Satelit CHIRPS
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 May 2023 06:03
Last Modified: 19 May 2023 06:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38074

Actions (login required)

View Item View Item