ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI PELUANG KELAS IX SMPN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SUKMA, WATI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI PELUANG KELAS IX SMPN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Sukmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
3207-Article Text-15041-1-10-20230217.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematika merupakan suatu kemampuan berfikir siswa dalam membangun suatu argumen untuk menarik kesimpulan dalam permasalahan matematika. Kemampuan penalaran sangat dibutuhkan bagi siswa dalam memahami materi atau konsep matemattka. Namun kenyatannya banyak siswa memiliki pemahaman materi atau konsep matematika yang rendah, hal ini disebabkan salah satunya oleh rendahnya kemaampuan penalaran matematika. Beberapa peneliti lain mengkaji penalaran matematika dihubungkan dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika siswa serta hubungannya gaya belajar siswa kelas IX SMP Negeri 7 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental dengan metode korelasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random samling sehingga sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 7 Mataram dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui pemberian angket gaya belajar dan tes kemampuan penalaran matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif xvii dan tes prasyarat. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa kelas IX SMPN 7 Mataram sebagian besar termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 63,3%. Selanjutnya hasil analisis korelasi dengan rumus person produk moment menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan kemampuan penalaran matematika siswa dengan nilai korelasinya sebesar 0,47268, yang dikategorikan korelasi tingkat sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis, Penalaran Matematika, Gaya Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 May 2023 06:04
Last Modified: 19 May 2023 06:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38080

Actions (login required)

View Item View Item