GAYA BAHASA DAN ASPEK PENDIDIKAN NOVEL KITAB CINTA YUSUF ZULAIKHA KARYA TAUFIQURRAHMAN AL AZIZY DAN KAITANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA SMA

HIDAYAH, NURUL (2013) GAYA BAHASA DAN ASPEK PENDIDIKAN NOVEL KITAB CINTA YUSUF ZULAIKHA KARYA TAUFIQURRAHMAN AL AZIZY DAN KAITANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL HIDAYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitan ini adalah gaya bahasa dan aspek pendidikan novel Kitab Cinta Yusuf Zulaikha dan kaitanya terhadap pembelajaran sastra SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya bahasa dan aspek pendidikan yang terkandung dalam novel Kitab Cinta Yusuf Zulaikha kemudian dikaitankan dengan pembelajaran sastra SMA. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif ini digunakan untuk mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Tujuan dari analisis deskripsi ini adalah untuk memecahkan masalah secara sistematis dan faktual mengenai gaya bahasa dan aspek pendidikan yang terdapat dalam novel Kitab Cinta Yusuf Zulaikha. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, kemudian ditentukan kemungkinannya sebagai bahan ajar di tingkat SMA. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan struktural untuk lebih memahami gaya bahasa dalam suatu novel dan pendekatan pragmatis untuk menganalisis konsep aspek pendidikan yang terkandung dalam novel Kitab Cinta Yusuf Zulaikha karya Taufiqurrahman Al Azizy. Analisis gaya bahasa yang banyak digunakan pengarang dalam novel Kitab Cinta Yusuf Zulaikha karya Taufiqurrahman Al Azizy adalah gaya bahasa perbandingan yaitu hiperbola. Gaya bahasa hiperbola digunakan pengarang dalam menggambarkan pribadi para tokoh dan latar (waktu, tempat, dan suasana) yang ada di dalam cerita. Sedangkan, nilai pendidikan yang paling ditonjolkan oleh pengarang pada novel ini adalah nilai pendidikan pada aspek religius yang meliputi, percaya pada Tuhan, percaya pada takdir, bertaubat atau mohon ampun, berdoa, tawakkal, dan bersyukur. Sedangkan, nilai pendidikan religius yang paling menonjol adalah kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa. Analisis gaya bahasa dan aspek pendidikan dalam novel Kitab Cinta Yusuf Zulaikha memiliki kesesuaian dengan materi pembelajaran sastra di SMA: a) kompetensi dasar kelas XI semester I yaitu: menganalisis unsur intrinsik (tema, latar, alur, tokoh/penokohan, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat) dan ekstrinsik (moral, religi, dan sosial) novel Indonesia/ terjemahan dengan indikator menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan. Diharapkan, dengan menganalisis novel tersebut siswa dapat lebih mudah memahami bentuk dan makna gaya bahasa, serta dapat menangambil nilai-nilai positif yang terkandung di dalamnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): gaya bahasa, nilai moral, nilai religius, dan nilai sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 May 2018 06:03
Last Modified: 16 May 2018 06:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3811

Actions (login required)

View Item View Item