THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AND LEVEL OF COMPREHENSION IN READING NARRATIVE TEXT OF GRADE XI STUDENTS OF SMAN 6 MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2014/2015

Septiyana, Himayatinnisa (2017) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AND LEVEL OF COMPREHENSION IN READING NARRATIVE TEXT OF GRADE XI STUDENTS OF SMAN 6 MATARAM IN ACADEMIC YEAR 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTICLE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa dan tingkat pemahaman siswa dalam membaca teks naratif atau tidak. SMAN 6 Mataram di pilih sebagai tempat untuk melakukan penelitian ini. Populasi dari penelitian ini bejumlah 335 siswa. Dalam memilih sampel, teknik purposive sampling di gunakan dimana kelas XI IPS 3 di ambil menjadi sampel. Jumlah total siswa yang di gunakan sebagai sample adalah 40 siswa dimana terdapat 24 siswa laki – laki dan 16 siswa perempuan. Rumus Pearson product moment di gunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah tes kosakata dan tes membaca yang terdiri dari 25 soal di masing – masing tes. Tes reliability di lakukan terlebih dahulu untuk menentukan apakah instrumen penelitian yang di gunakan dapat dipercaya atau tidak. Setelah data – data di kumpulkan, nilai akhir siswa pada tes kosakata dan membaca di hitung untuk menentukan tingkat kemampuan siswa. Kemudian, korelasi dari penguasaan kosakata dan tingkat pemahaman siswa dalam membaca naratif teks di hitung menggunakan rumus korelasi Pearson product moment. Hasil dari penghitungan ini menunjukkan nilai dari r-tes (0.83) lebih tinggi dari nilai r- tabel (0.312) dengan jumlah 40 peserta pada taraf kesalahan 0,05 (r-tes > r-tabel = 0.83>0.312). Tes-t juga dilakukan untuk meyakinkan kebenaran dari hasil penelitian ini. Hasilnya adalah nilai t-tes (9.16) juga lebih tinggi dari hasil t-tabel (1.684). Maka, Ho hipothesis di tolak sedangkan Ha hipothesis di terima. Kesimpulannya, terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa dan tingkat pemahaman siswa dalam membaca teks naratif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Korelasi, penguasaan kosakata, kemampuan membaca, teks naratif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 May 2018 05:48
Last Modified: 16 May 2018 05:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3815

Actions (login required)

View Item View Item