PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMINJAMAN UANG ANTARA BUMDES DENGAN MASYARAKAT DESA PANDAN INDAH (Studi di Desa Pandan Indah, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah)

AHMAD, JAYADI (2023) PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMINJAMAN UANG ANTARA BUMDES DENGAN MASYARAKAT DESA PANDAN INDAH (Studi di Desa Pandan Indah, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
AHMAD JAYADI (D1A019029).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL AHMAD JAYADI (D1A019029).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian pinjam meminjam uang antara BUMDes dengan masyarakat dan untuk mengetahui penyebab terjadinya pinjaman macet di BUMDes Pandan Indah, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini berjenis penelitian hukum normatif-empiris dengan menggunakan pendekatan Undang-undang, pendekatan konseptual, dan pendekatan sosiologis. Hasil penelitian ini antara lain: Pelaksanaan perjanjian peminjaman uang antara BUMDes dengan masyarakat Desa Pandan Indah, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah dibagi menjadi 2 tahap yaitu tahap pertama, dapat mengajukan permohonan secara mandiri dengan melengkapi syarat yang telah ditetapkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pandan Indah yakni: mengisi dan menanda tangani formulir permohonan kredit, data pribadi pemohon, data istri atau suami pemohon, data usaha yang akan dibiayai dan data keuangan perbulan. Tahap kedua yaitu penandatanganan perjanjian peminjaman yang dilakukan sebelum calon nasabah terima uang yang di pinjamnya. Jika calon nasabah yang telah disetujui untuk melakukan pinjaman di BUMDes tidak datang atau tidak menandatangani perjanjian yang telah dibuatkan, maka dana atau uang pinjamannya tidak akan dapat di cairkan oleh pihak BUMDes Pandan Indah, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah. Adapun penyebab terjadi pinjaman macet pada BUMDes Pandan Indah, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah terdiri dari sebab internal dan sebab eksternal. Sebab internal meliputi iktikad tidak baik dan kurangnya kesadaran masyarakat Desa Pandan Indah. Sedangkan sebab eksternal meliputi faktor ekonomi, gagal usaha/panen, pinjaman modal yang digunakan untuk keperluan lain, pendapatan yang berkurang dan musibah yang dialami oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perjanjian, Peminjaman, BUMDes
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 May 2023 06:04
Last Modified: 19 May 2023 06:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38159

Actions (login required)

View Item View Item