PENYELESAIAN HUKUM KREDIT MACET AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI PT. FINANSIA MULTI FINANCE (Kreditplus) PERSPEKTIF HUKUM PERDATA INDONESIA

DIDIN, SAPRUDIN (2023) PENYELESAIAN HUKUM KREDIT MACET AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI PT. FINANSIA MULTI FINANCE (Kreditplus) PERSPEKTIF HUKUM PERDATA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI _ DIDIN SAPRUDIN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[img] Text
JURNAL_DIDIN SAPRUDIN.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penyelesaian hukum kredit macet akibat pandemi covid-19 perspektif hukum perdata indonesia dan bagaimana upaya yang dapat dilakukan pihak PT Finansia multi finance (kreditplus) akibat terjadinya wanprestasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian normatif yang menggunakan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penyelesaian kredit macet pada dasarnya menganut dua cara dalam penyelesaian sengketa yaitu litigasi dan non litigasi. Bilamana melalui sistem ini tidak mungkin akan dicapai win-win solution atau solusi yang memperhatikan kedua belah pihak karena hakim harus menjatuhkan putusan dimana salah satu pihak akan menjadi pihak yang menang dan pihak lain menjadi pihak yang kalah. Penyelesaian sengketa tersebut telah memiliki dasar hukum yang kuat sejak diterbitkannya Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 Tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penyelesaian hukum, kredit macet dan konsumen
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 May 2023 06:04
Last Modified: 19 May 2023 06:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38164

Actions (login required)

View Item View Item