THE CONTRIBUTION OF BOARD GAME IN INCREASING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY: An Experimental Study of Seventh Grade Students at SMPN 1 Gunungsari in Academic Year 20142015

Silpiana, Silpiana (2017) THE CONTRIBUTION OF BOARD GAME IN INCREASING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY: An Experimental Study of Seventh Grade Students at SMPN 1 Gunungsari in Academic Year 20142015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ABSTRACT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “kontribusi board game dalam meningkatkan penguasaan kosa kata siswa: sebuah penelitian eksperimen pada siswa tingkat ketujuh di SMPN 1 Gunungsari tahun akademik 2014/2015”. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kontribusi dari boar game dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kelompok pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini merupakan 352 sisiwa tingkat ketujuh dari SMPN 1 Gunungsari tahun akademik 2014/2015, sementara sempelnya sebanyak 72 sisiwa yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Terdapat dua kelompok dalam penelitian ini: kelompok kontrol dan kelompok eksperimental. Kelompok eksperimental diberi perlakuan berupa penggunaan board game sebagai penguatan, sementara kelompok kontrol diberi perlakuan berupa penggunaan match the circle game sebagai penguatan. Permainan yang digunakan pada kedua kelas memiliki topik ynag sama, yaitu “I love the things around me”. Penelitian ini terbatas pada beberapa kosa kata yang berkaitan dengan topik “I love the things around me”. Didalam menganalisis data, digunakan analisis statistik dengan rumus t- test. Nilai dari t-test adalah 5.04. Nilai tersebut lebih tinggi dibanding nilai t-table pada level kepercayaan .05 (95%) dengan 1.994 dan pada level kepercayaan .01 (99%) sama dengan 2.648 pada derajat kebebasan sebesar 70. Berdasarkan penemuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kontribusi dari board game bisa meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada siswa tingkat ketujuh SMPN 1 Gunungsari tahun akademik 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Board game, meningkatkan, kosa kata, penguasaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 May 2018 05:48
Last Modified: 16 May 2018 05:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3817

Actions (login required)

View Item View Item