PENYELESAIAN SENGKETA PEMBAGIAN HARTA WARISAN OLEH KEPALA DESA SEBAGAI HAKIM PERDAMAIAN DESA (Studi di Desa Wanasaba Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur)

Hentika, Ruhmana (2023) PENYELESAIAN SENGKETA PEMBAGIAN HARTA WARISAN OLEH KEPALA DESA SEBAGAI HAKIM PERDAMAIAN DESA (Studi di Desa Wanasaba Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HENTIKA RUHMANA (D1A019233).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL ILMIAH SKRIPSI HENTIKA.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penyelesaian sengketa warisan oleh kepala desa sebagai hakim perdamaian desa dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penyelesaian sengketa warisan oleh kepala desa sebagai hakim perdamaian desa. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengaplikasikan metode penelitian hukum empiris yang menggunakan Pendekatan Conseptual, Pendekatan Perundang-Undangan, Pendekatan Sosiologis dan Pendekatan Kasus. Hasil penelitian terungkap bahwa pelaksanaan sengketa dapat diselesaikan dengan cara penyelesaian non litigasi serta menggunakan sistem hukum Islam/hukum Fara’id dan hasil penelitian terungkap bahwa faktor penghambat penyelesaian sengketa warisan yakni para pihak yang bersengketa enggan datang ke kantor desa, sering tidak membuat tanda pembuktian dan dalam kasus tertentu ada oknum yang kurang menghargai hak orang lain sedangkan faktor pendukung penyelesaian sengketa warisan yakni para pihak memiliki kemauan untuk menyelesaikan sengketa waris yang sedang dihadapi, para pihak memiliki sikap kejujuran dan mediator memiliki etika yang baik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kepala desa, hakim perdamaian, penyelesaian sengketa waris.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 May 2023 06:04
Last Modified: 19 May 2023 06:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38178

Actions (login required)

View Item View Item