PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PLATFORM KAHOOT! DAN PAPER TEST SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMPN 3 GUNUNG SARI

Ajeng Putih, Imani (2023) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PLATFORM KAHOOT! DAN PAPER TEST SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMPN 3 GUNUNG SARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ajeng Putih Imani Final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL AJENG PUTIH IMANI.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (171kB)

Abstract

Dunia pendidikan di era globalisasi seperti saat ini sudah tidak bisa dihindari lagi dari pengaruh perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat. Kondisi ini menuntut dunia pendidikan untuk selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan di era serba digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keefektifan penggunaan platform Kahoot! dan paper test sebagai media evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 3 Gunung Sari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif deskriptif. Metode penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang datanya diperoleh dalam bentuk angka-angka (Sugiono, 2021: 16). Adapun deskriptif bertujuan untuk memberi penjelasan mengenai karakteristik pencapaian hasil penelitian sebagai mana adanya. Hasil penelitian setelah melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan paper test adalah 67,8. Pemerolehan nilai tertinggi yaitu ada 16 orang dan yang memperoleh nilai sedang 11 orang dari jumlah seluruh peserta didik 27 orang, sedangkan hasil yang diperoleh setelah melaksanakan evaluasi menggunakan platform Kahoot! adalah 74,2 dengan pemerolehan nilai tertinggi yaitu ada 23 orang dan nilai sedang 4 orang dari jumlah seluruh peserta didik 27 orang. Hasil penyebaran angket keefektifan penggunaan platform Kahoot! yang diisi oleh peserta didik ditinjau dari indikator kejelasan soal yaitu sebesar 83% dengan kriteria efektif dan ditinjau dari indikator tampilan platform Kahoot! yaitu sebesar 86% dengan kriteria sangat efektif. Adapun total nilai rata-rata dari dua indikator angket tersebut yaitu sebesar 81% dengan kriteria efektif. Sehingga, dapat disimpulkan hasilnya platform Kahoot! lebih efektif, terbukti dengan hasil evaluasi yang telah dianalisis yang mana indeks prestasi kelompok (IPK) yang menggunakan paper test lebih rendah dari pada IPK yang menggunakan platform Kahoot!. Begitupun dengan hasil penyebaran angket ada pada kriteria efektif

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Evaluasi, Platform Kahoot!, Paper Test, Efektif.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 May 2023 07:38
Last Modified: 19 May 2023 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38184

Actions (login required)

View Item View Item