PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA MASYARAKAT PENGELOLA WISATA DENGAN PEMERINTAH DESA BONJERUK KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

INDAH, PRATIWI (2023) PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA MASYARAKAT PENGELOLA WISATA DENGAN PEMERINTAH DESA BONJERUK KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDAH PRATIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL ILMIAH INDAH PRATIWI.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji 2 permasalahan yaitu bagaimana pelaksanaan perjanjian kerjasama antara masyarakat pengelola wisata dengan pemerintah desa bonjeruk, kemudian bagaimana akibat hukum jika terjadi wanprestasi dalam perjanjian kerjasama antara masyarakat pengelola wisata dengan pemerintah desa bonjeruk. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian hukum normatif-empiris. Pendekatan data yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan sosiologis. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu pemerintah desa memberikan bantuan dana berupa uang tunai sebesar Rp. 78.000.000,- kepada masyarakat pengelola pada tahun 2020 untuk mengembangkan usaha pariwisata khususnya di pasar bambu bonjeruk. Kemudian pihak pengelola pariwisata berkewajiban untuk membayarkan sejumlah uang sebagai kontribusi kepada pemerintah desa sebesar Rp. 6.000.000,- per tahunnya untuk pembangunan desa. Akibat hukum yang terjadi dalam pelaksanaan perjanjian ini adalah bahwa perjanjian tersebut tidak perlu dimintakan pembatalan perjanjian kepada hakim, tetapi dengan sendirinya sudah batal demi hukum dalam hal ini wanprestasi merupakan syarat batal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perjanjian, Pengelola, Wanprestasi.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 May 2023 07:36
Last Modified: 19 May 2023 07:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38189

Actions (login required)

View Item View Item