PERAN DAN TANTANGAN FORUM ANAK DESA (FAD) DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERKAWINAN USIA ANAK (STUDI KASUS DESA TAMAN BARU KECAMATAN SEKOTONG KABUPATEN LOMBOK BARAT)

VIFIN YARDA, HARDANI (2023) PERAN DAN TANTANGAN FORUM ANAK DESA (FAD) DALAM UPAYA PENCEGAHAN PERKAWINAN USIA ANAK (STUDI KASUS DESA TAMAN BARU KECAMATAN SEKOTONG KABUPATEN LOMBOK BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI VIFIN YARDA HARDANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Forum Anak Desa (FAD) Taman Baru adalah organisasi pemenuhan hak partisipasi anak tingkat desa yang berdiri pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, tantangan dan faktor pendukung FAD dalam menjalankan peran upaya pencegahan perkawinan usia anak. Teori yang digunakan untuk menganalisis adalah Teori Peran dan Teori Human Relation. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain studi kasus eksplanatori. Pengambilan informan dengan teknik purposive. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukan Peran FAD tercermin dalam hak dan kewajiban sebagai pelopor dan pelapor dalam upaya pencegahan perkawinan usia anak. Sebagai Pelopor, FAD memiliki hak berpendapat, belajar dan bermain sedangkan kewajibannya ialah melakukan sosialisasi dampak perkawinan usia anak, konselor sebaya dan berbagi pengalaman bergabung di FAD. Sedangkan sebagai Pelapor, berkewajiban melaporkan kasus perkawinan usia anak kepada KPPAD maupun Pembina FAD. Hak yang diterima yaitu perlindungan identitas pelapor oleh Pemerintah Desa. Terdapat tantangan FAD dari segi Internal dan Eksternal. Tantangan internal meliputi keterbatasan transportasi pendampingan kasus (Kepuasan psikologis), anggota FAD ada yang menikah (Moralitas), tidak tepat waktu berkegiatan (Kedisiplinan), rendahnya kemauan untuk berkegiatan (Loyalitas), ketidakaktifan ketua dan beberapa anggota (Motivasi). Tantangan eksternal yaitu kurangnya pemahaman masyarakat tentang dampak perkawinan anak, akses jalan yang buruk, belum ada perlindungan perempuan secara hukum, ancaman, stigma dari masyarakat hingga masyarakat yang tidak memperbolehkan anaknya bergabung di FAD. Faktor pendukung FAD dalam menjalankan peran upaya pencegahan perkawinan usia anak adalah penolakan perkawinan anak oleh pihak perempuan dan dukungan Pemerintah Desa, KPPAD, Pendamping FAD, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Forum Anak Desa (FAD), Perkawinan Usia Anak, Peran dan Tantangan.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 May 2023 07:36
Last Modified: 19 May 2023 07:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38190

Actions (login required)

View Item View Item