IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM NASKAH DRAMA MATAHARI DI SEBUAH JALAN KECIL KARYA ARIFIN C. NOER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

SUFRIADI, SUFRIADI (2013) IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM NASKAH DRAMA MATAHARI DI SEBUAH JALAN KECIL KARYA ARIFIN C. NOER DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implikatur Percakapan dalam Naskah Drama Matahari di Sebuah Jalan Kecil karya Arifin C. Noerdan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra Di SMA”. Fokus masalah dalam penelitianini yaitu 1) bagaimanakah bentuk implikatur percakapan dalam dialog pada naskah drama Matahari di Sebuah Jalan Kecil, 2) bagaimanakah fungsi implikatur percakapan pada naskah drama Matahari di Sebuah Jalan Kecil, dan 3) bagaimanakah implikasi implikatur percakapan terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mendeskripsikan bentuk implikatur percakapan dalam dialog naskah drama Matahari di Sebuah Jalan Kecil, 2) untuk mengetahui fungsi implikatur percakapan pada naskah drama Matahari di Sebuah Jalan Kecil, dan 3) untuk mengetahui implikasi implikatur percakapan terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dansumber data dalam penelitian ini yaitu berasal dari naskah drama Matahari di Sebuah Jalan Kecil karya Arifin C. Noer. Objek penelitiannya yaitu bentuk impliaktur percakapan, fungsi implikatur percakapan, dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA.Data diperoleh dengan metode simak dengan teknik catat. Data di analisis mengguanakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, implikatur percakapan yang terdapat dalam dialog naskah drama Matahari di Sebuah Jalan Kecil karya Arifin C. Noer berbentuk 1) kalimat deklaratif, 2) kalimat introgatif, dan 3) kalimat imperatif. Kedua, fungsi implikatur percakapan dalam naskah drama Matahari di Sebuah Jalan Kecil yaitu berupa1) menyatakan informasi, 2) menyatakan informasi dan memerintah, 3) meyakinkan, 4) menyindir, 5) menyindirdan memarahi, 6) mengancam, 7) menasehati, 8) menyatakan informasi dan meyakinkan, 9) memerotes, 10) menyatakan informasi dan menyindir, 11) mengancam dan memerintah, l2) memerintah, 13) memastikan, 14) mena sehati dan memerintah, dan 15) membohongi. Ketiga, implikasinya terhadap pembelajaran yaitu agar siswa dapat memahami tuturan- tuturan berimplikatur dalam suatu wacana sastra.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Implikatur Percakapan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 May 2018 05:47
Last Modified: 16 May 2018 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3821

Actions (login required)

View Item View Item