EKSISTENSI PIDANA DENDA TERHADAP PELANGGAR PPKM DARURAT DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KOTA MATARAM)

SYAMSUL, BAHRI (2023) EKSISTENSI PIDANA DENDA TERHADAP PELANGGAR PPKM DARURAT DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SYAMSUL BAHRI_D1A017306.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL SYAMSUL BAHRI_D1A016306.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan eksistensi pidana denda terhadap pelanggar pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM Darurat) di masa pandemi covid-19. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dengan wawancara langsung dan data sekunder diperoleh dari dokumen berkaitan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa eksistensi pidana denda di kota mataram dalam pelaksanaannya tidak ada, karena pidana denda sendiri hanya diatur dalam peraturan daerah bukan peraturan gubernur ataupun peraturan walikota, peraturan gubernur maupun peraturan walikota tidak boleh menerapkan sanksi pidana, akan tetapi dalam peraturan daerah sendiripun tidak menerapkan sanksi pidana kepada pelanggar PPKM oleh sebab itu eksistensi pidana denda bagi pelanggar PPKM darurat ini di kota mataram tidak ada. Hal tersebut dibuktikan dalam pelaksanaannya, tidak menerapkan sanksi pidana kepada pelanggar PPKM darurat, dimana penerapan sanksi peraturan daerah NTB maupun peraturan Wali Kota Mataram hanya menggunakan sanksi administratif sebagai hukuman bagi pelanggar PPKM,

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Eksistensi Pidana Denda, Pelanggar PPKM, Peraturan Daerah NTB, Peraturan Wali Kota Mataram, Sanksi Pidana, Sanksi Administratif.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 May 2023 03:37
Last Modified: 22 May 2023 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38302

Actions (login required)

View Item View Item