KRITIK MIMETIK TERHADAP KAUM MILENIAL DALAM NOVEL IKAN-IKAN MATI KARYA ROY SAPUTRA

Viviani, Wardina (2023) KRITIK MIMETIK TERHADAP KAUM MILENIAL DALAM NOVEL IKAN-IKAN MATI KARYA ROY SAPUTRA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
01 SKRIPSI - VIVIANI WARDINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
02 ARTIKEL - VIVIANI WARDINA.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang karakteristik generasi milenial dalam novel Ikan-Ikan Mati karya Roy Saputra yang dikaji menggunakan pendekatan mimetik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cerminan kaum milenial dalam novel Ikan-Ikan Mati karya Roy Saputra yang dikaji menggunakan pendekatan mimetik. Berdasarkan tujuan penelitian ini, maka jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik pustaka. Melalui teknik pustaka, penulis membaca novel Ikan-Ikan Mati karya Roy Saputra secara berulang dan membaca sumber lain yang relevan dengan penelitian. Metode analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini memperoleh 10 karakteristik generasi milenial berdasarkan IDN Times diantaranya, No Gadget, No Lif, sering mengunggah di media sosial, sering melakukan pembayaran nontunai, serba cepat dan instan, multitasking, lebih memilih pengalaman daripada aset, mudah bosan terhadap barang yang dibeli, beda grup beda perilaku, kritis terhadap fenomena sosial, dan senang berbagi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kritik Mimetik, Karakteristik Generasi Milenial, Novel Ikan-Ikan Mati
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 May 2023 03:37
Last Modified: 22 May 2023 03:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38311

Actions (login required)

View Item View Item