PENJADWALAN MATA KULIAH DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS MATARAM MENGGUNAKAN ALGORITMA WELCH-POWELL

WAHYU DWI, ANGGARA (2023) PENJADWALAN MATA KULIAH DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS MATARAM MENGGUNAKAN ALGORITMA WELCH-POWELL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
G1D017057. Wahyu Dwi Anggara. Skripsi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
G1D017067. Wahyu Dwi Anggara. Jurnal (1).pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Setiap awal semester, Fakultas MIPA Universitas Mataram melakukan penjadwalan mata kuliah. Pada kenyataannya, sering terjadi bentrok antar mata kuliah dikarenakan dosen yang bersangkutan mengajar mata kuliah yang berbeda atau mahasiswa mengambil mata kuliah yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penjadwalan mata kuliah di Program Studi Matematika Fakultas MIPA Universitas Mataram menggunakan algoritma Welch-Powell. Algoritma Welch-powell merupakan salah satu algoritma yang digunakan untuk pewarnaan titik pada graf. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh 24 warna untuk mewarnai graf yang merepresentasikan jadwal mata kuliah semester gasal dan 19 warna untuk mewarnai graf yang merepresentasikan jadwal mata kuliah semester genap. Hal ini menunjukkan bahwa dibutuhkan 24 waktu yang berbeda untuk melakukan penjadwalan mata kuliah semester gasal dan 19 waktu yang berbeda untuk melakukan penjadwalan mata kuliah semester genap. Hasil ini bisa disesuaikan dengan waktu yang tersedia untuk perkuliahan di fakultas MIPA, sehingga hasil yang didapatkan sudah optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Algoritma Welch-Powell, Penjadwalan, Pewarnaan titik.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 May 2023 03:38
Last Modified: 22 May 2023 03:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38334

Actions (login required)

View Item View Item