MAJAS DALAM NOVEL “DADAISME” KARYA DEWI SARTIKA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

HAKKI, KOHAR IBROR (2016) MAJAS DALAM NOVEL “DADAISME” KARYA DEWI SARTIKA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal Skripsi PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimanakah jenis majas yang terdapat pada novel Dadaisme karya Dewi Sartika. 2) Bagaimanakah makna gaya majas yang terdapat pada novel Dadaisme karya Dewi Sartika. 3) Bagaimana kaitan majas pada novel Dadaisme dengan pembelajaran sastra di SMA. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Mendeskripsikan jenis majas yang terdapat pada novel Dadaisme karya Dewi Sartika. 2) Mendeskripsikan makna majas yang terdapat pada novel Dadaisme karya Dewi Sartika. 3) Mendeskripsikan kaitan majas pada novel Dadaisme karya dewi Sartika dengan pembelajaran sastra di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pustaka, dilanjutkan dengan metode observasi dan metode catat. Metode analisis data penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa adanya jenis majas yang terdapat dalam novel Dadaisme yaitu: (a) majas perbandingan meliputi perumpamaan, kiasan, penginsanan, sindiran, antitesis; (b) majas pertentangan meliputi hiperbola, litotes, ironi, oksimoron, paralipsis, zeugma; (c) majas perbandingan meliputi metonomia, eufemisme, elipsis, inversi, gradasi; (d) majas perulangan meliputi alitrasi dan repitisi. Selanjutnya terdapat makna majas yang dominan dipakai oleh pengarang yaitu makna dari majas hiperbola dan eufemisme. Serta keterkaitan novel Dadaisme karya Dewi Sartika dengan materi pembelajaran sastra di SMA yang tercantum pada sialabus dengan SK/KD mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI semester 1 SK: 7. Membaca: memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan, dan KD 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan. Indikator dalam pembelajaran ini adalah mampu menganalisis unsur-unsur intrinsik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, majas, dan amanat) novel Indonesia/terjemahan (fokus pembahasannya adalah gaya bahasa).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Novel Dadaisme, majas, makna majas, pembelajaran sastra
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 16 May 2018 05:45
Last Modified: 16 May 2018 05:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3834

Actions (login required)

View Item View Item