PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

LUSI, JANUARTI (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
revisi my skripsi -.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Empiricism+Journal+Publish+Januarti,+et+al.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (269kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis model kooperatif tipe group investigation yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik pada materi fluida statis. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, RPP, bahan ajar, LKPD, dan instrumen tes hasil belajar. Subjek penelitian 30 orang peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Kopang, semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari hasil rata-rata skor penilaian enam ahli yang dihitung dengan validitas dan reliabilitas perangkat. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari lembar keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon peserta didik. Keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari nilai pretest dan posttest peserta didik yang dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil kelayakan menunjukkan keseluruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki nilai dengan kategori valid dan reliabel. Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon peserta didik sangat praktis. Hasil keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata N-Gain sebesar 59% dengan kategori cukup efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran dengan model kooperatif tipe group investigation yang dikembangkan berdasarkan nilai validitas dan reliabilitas dikatakan layak, sangat praktis digunakan dalam pembelajaran dan cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perangkat pembelajaran, model kooperatif, group investigation, hasil belajar, fluida statis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 May 2023 23:31
Last Modified: 22 May 2023 23:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38352

Actions (login required)

View Item View Item