KEDUDUKAN DAN PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) PERWAKILAN NUSA TENGGARA BARAT (NTB) DALAM MENANGGULANGI INVESTASI ILEGAL

M. Rizal, Afriandani (2023) KEDUDUKAN DAN PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) PERWAKILAN NUSA TENGGARA BARAT (NTB) DALAM MENANGGULANGI INVESTASI ILEGAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rizal Afriandani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH M. Rizal Afriandani.pdf

Download (600kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis Kedudukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam melakukan penyelesaian terhadap investasi illegal di Indonesia dan Peran dari Otoritas Keuangan (OJK) Perwakilan Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam menanggulangi kegiatan investasi illegal di NTB. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian hukum normatif dan menggunakan dua macam metode pendekatan yaitu pendekatan Perundangundangan (Statue Approach) dan Pendepakatan Konseptual (Conceptual Approach). Berdasarkan Penelitian ini bahwa kedudukan OJK dalam melakukan penyelesaian investasi illegal di Indonesia berdasarkan Tugas dan Fungsi yang diamanahkan oleh Undang-Undang yaitu OJK berkedudukan sebagai Lembaga yang melakukan pengaturan, pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan terhadap kegiatan investasi Illegal di Indonesia dan Peran OJK Perwakilan NTB dalam menanggulangi investasi illegal di NTB pada dasarnya merupakan perwakilan OJK Pusat yang ada di daerah yang memiliki tugas dan fungsi yang sama berdasarkan Undang-Undang, bahwa OJK Wilayah merupakan perpanjangan tangan OJK Pusat dan memiliki fungsi koordinatif dengan OJK Pusat, dalam konteks ilnvestasi Illegal di Daerah, Kantor OJK Perwakilan melakukan edukasi dan penindakan berdasarkan rilis resmi dari OJK Pusat dan melaporkan hal tersebut kepada OJK Pusat dan koordinasi dengan berbagai stakholder yang berkaitan dengan investasi illegal seperti Satgas Waspada Investasi, Kementerian terkait dan Aparat Penegak Hukum di Daerah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengawasan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Investasi Ilegal
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 May 2023 23:31
Last Modified: 22 May 2023 23:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38355

Actions (login required)

View Item View Item