CIVIC CULTURE DALAM RITUAL BEBUBUS BATU PADA MASYARAKAT SUKU SASAK (Studi Etnografi di Desa Sapit Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur)

NILA, SARI (2023) CIVIC CULTURE DALAM RITUAL BEBUBUS BATU PADA MASYARAKAT SUKU SASAK (Studi Etnografi di Desa Sapit Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (817kB)

Abstract

Kajian Civic Culture dalam Ritual Bebubus Batu pada masyarakat suku sasak dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya kepada para generasi muda untuk selalu menjaga dan melestarikan budaya ini agar para generasi selanjutnya bisa menikmati budaya ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan Ritual Bebubus Batu di Desa Sapit; (2) Nilai-nilai yang terdapat dalam pelaksanaan Ritual Bebubus Batu sebagai Civic Culture di Desa Sapit. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan Ritual Bebubus Batu terbagi menjadi tiga tahapan dalam proses pelaksanannya yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penutup. Tahap persiapan meliputi musyawarah dan penyiapan bahan dan alat ritual. Tahap pelaksanaan terdiri dari ngatong dulang (membawa sampak), nyampang (menaruh makanan di atas sampang), nyandang (menaruh makanan di dalam kampu). Tahap penutup terdiri dari zikir, doa dan begibung (makan bersama). Nilai-nilai yang terdapat dalam Ritual Bebubus Batu sebagai Civic Culture di Desa Sapit yaitu nilai Demokratis, Religius, Gotong Royong, Kebersamaan, Tolong Menolong dan Cinta Damai, Disiplin dan Taat Aturan serta nilai Kebersihan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Civic Culture, Ritual Bebubus Batu, Suku Sasak
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 May 2023 23:32
Last Modified: 22 May 2023 23:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38378

Actions (login required)

View Item View Item