Pengaruh Berat Labur Perekat Terhadap Sifat Fisika Papan Laminasi Bambu Petung (Dendrocalamus Asper (Schult. F.) Backer Ex Heyne)

Tri Wulandari, Febriana (2021) Pengaruh Berat Labur Perekat Terhadap Sifat Fisika Papan Laminasi Bambu Petung (Dendrocalamus Asper (Schult. F.) Backer Ex Heyne). Jurnal Media Bina Ilmiah, 16 (3). pp. 6457-6464. ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)

[img]
Preview
Text
Pengaruh Berat Labur Perekat Terhadap Sifat Fisika Papan Laminasi Bambu Petung.pdf

Download (384kB) | Preview
Official URL: http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/artic...

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan untuk dapat mengolah bambu menjadi balok mirip kayu. yaitu bambu laminasi. Bambu laminasi adalah suatu produk yang dibuat dari beberapa bilah bambu yang direkat dengan arah serat sejajar sehingga dapat memenuhi berbagai jenis dimensi papan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pembuatan bambu laminasi adalah berat labur perekat. Berat labur yang ideal akan meningkatkan daya rekat dan kekuatan bambu laminasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh berat labur terhadap sifat fisika papan laminasi bambu petung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor (berat labur perekat) dengan tiga perlakuan (B1,B2,B3). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa berat labur perekat B1 (50 gram/cm2), B2(75 gram/cm2) dan B3(100 gram/cm2) tidak berpengaruh nyata pada semua pengujian sifat fisika papan laminasi bambu petung kecuali pada pengujian penyusutan lebar. Karena tidak terdapat perbedaan yang nyata maka disarankan untuk penggunaan berat labur perekat untuk papan laminasi bambu petung menggunakan berat labur terendah yaitu B1 (50 gram/cm2) untuk efesiensi penggunaan perekat.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Papan Laminasi, Bambu Petung, Berat Labur Perekat
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Febriana Tri Wulandari
Date Deposited: 23 May 2023 02:25
Last Modified: 23 May 2023 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38400

Actions (login required)

View Item View Item