EVALUASI JARINGAN DRAINASE DI KELURAHAN PEJERUK KOTA MATARAM Evaluation of Drainage System In Pejeruk Urban Village Mataram City

One Ardana, Candra (2023) EVALUASI JARINGAN DRAINASE DI KELURAHAN PEJERUK KOTA MATARAM Evaluation of Drainage System In Pejeruk Urban Village Mataram City. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI ONE ARDANA CANDRA (F1A018082).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH ONE ARDANA CANDRA F1A018082.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Kelurahan Pejeruk merupakan salah satu dari 10 kelurahan yang berada di Kecamatan Ampenan dengan luas wilayah 95 Ha. Kelurahan Pejeruk terdiri dari 8 lingkungan yaitu Lingkungan Pejeruk Desa, Pejeruk Abiyan, Pejeruk Perluasan, Kebun Jeruk, Kebun Jeruk Baru, Pejeruk Sejahtera, Pejeruk Bangket, Kebun Bawak Barat. Lokasi sering terjadi genangan di beberapa wilayah Kelurahan Pejeruk yaitu Lingkungan Pejeruk Abiyan, Lingkungan Pejeruk Perluasan dan Lingkungan Pejeruk Desa. Sebagian dari saluran yang ada tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya, pada saat hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama akan mengakibatkan debit air meningkat. Setiap musim hujan air tersumbat dan tidak mengalir di pembuangan utama, akibatnya air dengan mudah meluap ke jalan di sekitar saluran drainase. Penelitian ini diawali dengan menghitung curah hujan rancangan di Kelurahan Pejeruk, lalu menghitung kapasitas saluran drainase eksisting yang ada di Kelurahan Pejeruk. Sebelum merencanakan perbaikan saluran, terlebih dahulu dilakukan evaluasi pada saluran drainase sehingga bisa menentukan saluran yang akan diperbaiki. Dari hasil penelitian ini, diketahui curah hujan rancangan pada Kelurahan Pejeruk dengan kala ulang 5 tahun sebesar 123,86 mm. Di Kelurahan Pejeruk terdapat 74 ruas saluran dimana 6 diantaranya tidak mampu menampung debit banjir dan perlu dilakukan perubahan dimensi saluran. Perubahan dimensi saluran tersebut berdampak pada 7 saluran lainnya yang berada di hilir. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan dimensi pada saluran-saluran tersebut. Berdasarkan hasil analisis, direncanakan 4 tipe saluran Uditch dengan dimensi yang berbeda, yaitu 80x80 cm (Saluran JM II.6, BR.8, BR.9), tipe 60x80 cm (Saluran M.3, BR II.4, BR II.7, M.4, D, BR II.5, BR II.6, BR.5), tipe 40x40 cm (Saluran TN.1), dan tipe 50x60 cm (Saluran TN.23)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Evaluasi Drainase, Genangan, Curah Hujan, Kelurahan Pejeruk
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 May 2023 07:45
Last Modified: 23 May 2023 07:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38492

Actions (login required)

View Item View Item