PENGARUH PENGGUNAAN PROBIOTIK YANG DIFERMENTASI DENGAN SUMBER KARBON YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN UDANG VANNAME (Litopenaeus vannamei)

Zainal, Abidin (2018) PENGARUH PENGGUNAAN PROBIOTIK YANG DIFERMENTASI DENGAN SUMBER KARBON YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN UDANG VANNAME (Litopenaeus vannamei). Jurnal Perikanan, 8 (1). pp. 14-22. ISSN 2302-6049

[img]
Preview
Text
2018-Pengaruh Penggunaan Probiotil.pdf

Download (108kB) | Preview
Official URL: http://jperairan.unram.ac.id/index.php/JP/article/...

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh penggunaan karbon yang berbeda dalamperbanyakanprobiotik terhadap jumlah koloni bakteri, dan aplikasinya dalam pemeliharaan udangvanammei (Litopenaeus vannamei). Penelitian ini dilakukan di Balai Pengembangan BudidayaPerikanan Pantai (BPBPP) Sekotong, Lombok Barat. Sumber karbon yang digunakan dalamfermentesi bakteri probiotik adalah tapioka, dedak halus, dan jagung. Probiotik hasil perbanyakankemudian diujikan ke udang post larva 20 untuk mengetahui tingkat pertumbuhan udang yangdiberikan probiotik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah koloni bakteri mengalamipeningkatan yang lebih tinggi dari kontrol pada masing-masing media fermentasi yang dihitung padahari ke-7dan hari ke 30. Penggunaan tapioka sebagai sumber karbon menghasilkan jumlah bakteripaling banyak yaitu 3.69 x 1011CFU/ml dibandingkan dengan sumber karbon dari dedak dan jagung.Hasil uji penggunaan probiotik tersebut ke udang menunjukkan bahwa probiotik dengan sumberkarbon tapioka menghasilkan pertumbuhan harian udang tertinggi yaitu 4,36% dibandingkan dengandua probiotik lainnya.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): fermentasi probiotik, sumber karbon, udang vanname
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Zaenal Zaenal Abidin
Date Deposited: 23 May 2023 23:30
Last Modified: 23 May 2023 23:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38515

Actions (login required)

View Item View Item