PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM MENGATASI PAILIT PADA KASUS KOMPLAIN NASABAH ASURANSI

MUHAMMAD, KHAERUDDIN (2023) PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM MENGATASI PAILIT PADA KASUS KOMPLAIN NASABAH ASURANSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Muhammad Khaeruddin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL MUHAMMAD KHAERUDDIN.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Otoritas Jasa Keuangan dalam mengatasi komplain nasabah asuransi dengan rumusan masalah Bagaimana pengaturan dan pengawaasan OJK terhadap perusahaan asuransi dan Bagaimana tanggung jawab OJK dalam mengatasi komplain nasabah asuransi kalau terjadi pengajuan kepailitan. Jenis penelitian ini adalah hukum normatif, dengan metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan perundang-undangan (Statute Approach), pendekatan konseptual (Conseptual Approach), pendekatan analisis (Analytical Approach), dengan hasil penelitian OJK dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011 dan berfungsi untuk menyelenggarakan dan melakukan pengawasan terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuanganan, dan didirikan Sebagai pengganti dari peran Bank Indonesia agar menjadi terintegrasi dan komprehensif. Nasabah asuransi sebagai Pemohon Pailit terhadap Perushaan Asuransi belum ada regulasi yang jelas yang memperbolehkan mengajukan permohonan kepailitan namun dari beberapa upaya yang pernah dilakukan oleh nasabah untuk mengajukan kepailitan atau penundaan kewajiban pemabayaran utang kepada Pengadilan dan oleh Pengadilan permohonan diterima dan banyak juga yang ditolak karena belum ada legal standing yang mangaturnya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komplain, Nasabah, Asuransi,
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 May 2023 23:37
Last Modified: 23 May 2023 23:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38519

Actions (login required)

View Item View Item