AN ANALYSIS THE CONTENT VALIDITY OF LISTENING TEST (A CASE STUDY AT ENGLISH DEPARTEMENT OF FKIP MATARAM UNIVERSITY ACADEMIC YEAR 2014/2015)

ZAIN, M. ISNAIDY (2017) AN ANALYSIS THE CONTENT VALIDITY OF LISTENING TEST (A CASE STUDY AT ENGLISH DEPARTEMENT OF FKIP MATARAM UNIVERSITY ACADEMIC YEAR 2014/2015). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Pada umumnya dosen listening akan menyiapkan materinya mengajarnya berasal dari TOEFL sebab sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari persiapan mengajar dosen seperti sylabus, dan rencana pembelajaran. Selanjutnya, untuk mengetahui tingkat validitas soalnya, dilakukan dengan melihat kesesuaian antara indikator dan materi dalam rencana pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tingkat validitas isi tes listening yang digunakan di Jurusan Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram tahun 2014/2015. Data dianalisis secara kualitatif, dimana peneliti mengambil data dengan menelusuri dokumen listening III. Sedangkan isi tes dapat dilihat dari kesesuaian antara item tes dengan materi dan indikator. Kesesuaian isi materi dapat dilihat dari kesesuaian antara materi dengan indikator, selain jenis kesalahan-kesalam dalam listening. Selanjutnya kesesuaian indikator dapat dilihat dari kesesuaian antara indikator dengan materi di samping indikator dan tes. Kemudian kesesuaian isi dari rencana pembelajaran dapat dilihat dari kesesuaian antara indikator, materi dan item-item tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata dari 50 tes yang ada semuanya valid sebab sesuai dengan indikator, materi, dan isi dalam rencana pembelajaran. Kesesuaian ini dapat dilihat dari terdapatnya 2 tes tentang details, 13 tes tentang idiomatic expressions, 2 tes tentang suggestions, 3 tes tentang assumptions, 4 tes tentang prediction, 2 tes tentang implications, 1 tes tentang problems, 1 tes tentang topics, 4 tes tentang conversations, 4 tes tentang academic conversations, 4 tes tentang radio programs, 4 tes tentang academic talks, dan 4 tes tentang lectures. Hanya saja terdapat 2 jenis tes yang tidak dimunculkan yang berkaitan dengan materi listening problems, yaitu class discussions and tours.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Validitas Isi, Tes Listening.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 May 2018 05:17
Last Modified: 16 May 2018 05:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3853

Actions (login required)

View Item View Item