TANGGUNG JAWAB PDAM TIRTA ARDHIA RINJANI TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN DALAM SUPLAI AIR BERSIH DI KECAMATAN BATUKLIANG

NISA, SURIANI (2023) TANGGUNG JAWAB PDAM TIRTA ARDHIA RINJANI TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN DALAM SUPLAI AIR BERSIH DI KECAMATAN BATUKLIANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi nisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
NISA SURIANI (JURNAL).pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tanggung jawab PDAM Tirta Ardhia Rinjani kepada konsumen yang dirugikan dalam suplai air bersih di Kecamatan Batukliang, untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan oleh pihak pelanggan ketika terjadinya wanprestasi oleh PDAM Tirta Ardhia Rinjani. Jenis penelitian yang digunakan Normatif empiris, yang mengkaji penerapan peraturan perundang-undangan berdasarkan konsep dan teori hukum untuk melihat secara langsung kenyataan di lapangan dengan cara melakukan wawancara untuk mendapatkan data lapangan Lokasi penelitian adalah PDAM Tirta Ardhia Rinjani (Lombok Tengah). Berdasarkan hasil penelitian bahwa: Pertama, benruk dari tanggung jawab PDAM Tirta Ardhia Rinjani terhadap konsumen yang di rugikan dengan cara tinjauan langsung keluhan yang dialami pelanggan namun tidak adanya tindakan lebih lanjuat untuk mengatasi keluhan tersebut dan tanpa adanya pemberian informasi atau penjelasan yang diberikan ke pelanggan yang menaglami kerugian. Kedua. Penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh PDAM dengan Pelanggan dengan mengusahakan dan mengutamakan jalur musyawarah atau melalui non Ligitasi, jikapun upaya yang dilakukan tidak bisa terlaksana maka dilanjutkan ke pengadilan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanggung jawab, PDAM, perjanjian
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 May 2023 05:13
Last Modified: 25 May 2023 05:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38530

Actions (login required)

View Item View Item