THE DESIGN AND IMPLEMENTATION OF BLENDED LEARNING IN BASIC ENGLISH GRAMMAR AT THE 1st SEMESTER STUDENTS ENGLISH DEPARTMENT UNIVERSITY OF MATARAM

RENITA MAETA, SAFWAN (2023) THE DESIGN AND IMPLEMENTATION OF BLENDED LEARNING IN BASIC ENGLISH GRAMMAR AT THE 1st SEMESTER STUDENTS ENGLISH DEPARTMENT UNIVERSITY OF MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
THESIS RENITA MAETA SAFWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTICLE RENITA MAETA SAFWAN.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Pengajaran tata bahasa dipertimbangkan sangat penting untuk kemampuan menggunakan bahasa. Belajar lebih banyak tentang tata bahasa akan membantu siswa menghasilkan kalimat yang lebih baik saat berbicara dan menulis. Untuk alasan ini, penelitian ini memperkenalkan cara pengajaran tata Bahasa yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain dan penerapan Pembelajaran Campuran di kelas Basic English Grammar. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 Jurusan Bahasa Inggris Universitas Mataram dan dosen yang mengajar Basic English Grammar menggunakan Blended Learning. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, temuan data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain Blended Learning menggunakan ICARE sebagai model pembelajaran Basic English Grammar untuk mahasiswa semester 1 sangat bagus. Namun, ada juga beberapa siswa memberikan respon positif dan negatif terhadap penggunaan blended learning. Temuan juga mengungkapkan bahwa prestasi siswa dalam Basic English Grammar menunjukkan dampak positif. Dimana nilai rata-rata siswa pada ujian tengah semester adalah (67,36%). Sedangkan pada ujian akhir adalah (75,49%). Singkatnya, penerapan pembelajaran campuran berhasil dan berdampak positif terhadap pencapaian siswa dalam Tata Bahasa Inggris Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Campuran, Desain, model ICARE, Implementasi, and Pembelajaran grammar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 May 2023 05:13
Last Modified: 25 May 2023 05:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38537

Actions (login required)

View Item View Item