PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH TERKAIT JAMINAN KREDIT YANG TIDAK DIKEMBALIKAN OLEH PIHAK BANK (PUTUSAN NOMOR 32/PDT.G/2019/PN MTR)

M. Ahmady Dimas, Saputra (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH TERKAIT JAMINAN KREDIT YANG TIDAK DIKEMBALIKAN OLEH PIHAK BANK (PUTUSAN NOMOR 32/PDT.G/2019/PN MTR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIMAS FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img] Text
JURNALDIMAS 1.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap nasabah terkait jaminan kredit yang tidak dikembalikan oleh pihak bank (putusan nomor 32/pdt.g/2019/pn mtr). Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang dimana penelitian ini menggunakan metode pendekatan perundangundangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian, bahwa dalam perlindungan hukum terhadap nasabah terkait jaminan kredit yang tidak dikembalikan oleh pihak bank tedapat perlindungan yaitu preventif tercantum pada Pasal 1131 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan Pasal 1132 Kitab Undang-undang Hukum Perdata, Pasal 12A Undang-Undang Perbankan dan Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Hak Tanggungan kemudian perlindungan yang bersifat respresif tercantum pada Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan, Pasal 7 Undang-Undang Hak Tanggungan, Pasal 11 Undang-Undang Hak Tanggungan, Pasal 14 Undang-Undang Hak Tanggungan dan Pasal 20 Undang-Undang Hak Tanggungan. Dan pertanggungjawaban hukum bank atas perbuatan melanggar hukum dengan tidak mengembalikan sertifikat yaitu mewajibkan pihak bank untuk menyerahkan Sertifikat Hak Guna Bangunan No. 659, yang terletak di Kelurahan/Desa Tanjung Karang, Sekarbela, Kota Mataram, Provinsi NTB, dengan Luas 120 m2, atas nama Masrap (almarhum)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Nasabah, Jaminan, Bank.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 May 2023 05:19
Last Modified: 25 May 2023 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38572

Actions (login required)

View Item View Item