NILAI- NILAI PAN CASI LA DALAM TRADISI NGELAWANG PADA HARI RAYA KUNINGAN (Studi Di Kelurahan Pakraman Asak Pagutan Barat Kecamatan Mataram, Kota Mataram)

NI KADEK DWI OKTA VIRANA, REKSI (2023) NILAI- NILAI PAN CASI LA DALAM TRADISI NGELAWANG PADA HARI RAYA KUNINGAN (Studi Di Kelurahan Pakraman Asak Pagutan Barat Kecamatan Mataram, Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NI KADEK DWI OKTA VIRANA REKSI_2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNALL MEI_NI KADEK DWI OKTA VIRANA REKSI.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Nilai-Nikai Pancasila Dalam Tradisi Ngelawang Pada Hari Raya Kuningan (Studi Di Kelurahan Pakraman Asak Pagutan Barat Kecamatan Mataram, Kota Mataram). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pelaksanaan tradisi ngelawang terbagi menjadi lima tahap, yaitu mulai dari tahap persiapan yakni seminggu sebelum hari raya Kuningan, tiga hari sebelum hari raya Kuningan, dan dua hari sebelum hari raya Kuningan yang meliputi ngatag/ngndek, ngentenin, dan ngayah; tahap pendahuluan yakni bertepatan pada hari raya Kuningan meliputi masyarakat berkumpul dengan ditandai suara kulkul'kentongan' pada pukul 17.30, nyacak, dan nunas lugra ring Paibon; tahap utama yakni Ngelawang dengan ditandai arak-arakan baleganjur'musik baleganjur' yang diimbangi dengan adanya para istri para ibu' mengeluarkan material berupa beras, uang, dan dupa menunggu di depan pintu pekarangan masing-masing atau bahkan berkumpul di perempatan; tahap puncak yakni adanya persembahyangan bersama yang meliputi pemangku munggah mepuja, pemelukatan kepada masyarakat sebelum menghadap Ida Sang Hyang Widhi, melaksanakan tri sandya, ngaturang bakti/ muspa, ngelungsur amertha, dan mepamit; tahap penutupan yakni ditandai dengan pemukulan kulku/'kentongan' sebagai tanda pelaksanaan tradisi Ngelawang dan upacara persembahyangan bersama sebagai puncaknya telah usai dilaksanakan. (2) Nilai-nilai yang terdapat di dalam tradisi ngelawang ini yaitu nilai ketuhanan yang maha esa, nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, nilai persatuan indonesia, nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pancasila, Tradisi Ngelawang
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 May 2023 00:49
Last Modified: 25 May 2023 00:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38613

Actions (login required)

View Item View Item