NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM CHIBI MARUKO CHAN DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

LIATUN, AYU (2013) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM CHIBI MARUKO CHAN DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi jadi bab I-V.docx

Download (171kB)

Abstract

Nilai Pendidikan Karakter dalam film Chibi Maruko Chan ini antara lain sebagai berikut. 1. Nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan Tuhan ini berupa nilai religius. Tokoh yang memiliki nilai religius antara lain Maruko, Ayah Maruko, Kakek Maruko, Nenek Maruko, kakak Maruko serta Ibu Maruko. Nilai religius ini terlihat ketika mereka sekeluarga mengucapkan itadakimasu sebelum makan. 2. Nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri Nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri antara lain yaitu nilai jujur, bertanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, mandiri, ingin tahu, gemar membaca, dan pantang menyerah. Nilai pendidikan karakter jujur dimiliki oleh tokoh Hamaji, Buutaro, dan Maruko. Nilai pendidikan karakter bertanggung jawab dimiliki oleh tokoh Maruko. Nilai pendidikan karakter bergaya hidup sehat yang dimiliki oleh Ayah maruko, Maruko, dan Ibu Maruko. Nilai pendidikan karakter disiplin dalam tokoh Maruko, nilai karakter kerja keras dalam tokoh Maruko, dan Tama-chan. Nilai karakter percaya diri dalam tokoh Hamaji. Nilai karakter mandiri dalam tokoh Maruko dan Hanawa. Nilai karakter ingin tahu dalam tokoh Maruko, nilai karakter cinta ilmu dalam tokoh Maruko, Hamaji, Hanawa, Buutaro, Tama-chan dan Jogazaki. Nilai karakter gemar membaca dalam tokoh Maruko dan Tama-chan. Serta yang terakhir nilai karakter pantang menyerah dalam tokoh Maruko. Beberapa nilai pendidikan karakter tersebut, yang paling sering muncul adalah nilai pendidikan karakter jujur saat Maruko, Buutaro dan Hamaji diberikan tugas mengarang mengenai keluarga oleh Pak Guru. Selain itu nilai pendidikan karakter mandiri juga sering terlihat ketika Maruko dan Tama-chan mengerjakan tugas mengarang dan mempersiapkan untuk menanam kapsul waktu tanpa menyusahkan orang lain. 3. Nilai pendidikan karakter dalam hubunganya dengan sesama Nilai pendidikan karakter dalam hubungannya dengan sesama antara lain yaitu sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain dimiliki oleh tokoh Maruko. Nilai karakter menghargai karya dan prestai orang lain dimiliki oleh Pak guru, Ayah Tama-chan, Kakek, Nenek, Kakak, dan Ibu Maruko. Nilai karakter santun dalam diri tokoh Maruko. Nilai persahabatan dalam tokoh Maruko dan Tama-chan serta cinta damai dari tokoh Hanawa. Beberapa nilai pendidikan yang paling sering muncul adalah nilai pendidikan karakter persahabatan ketika Maruko dengan Tama-chan yang sempat berselisih paham, kemudian teman-teman Maruko yang rela memberikan barang kesayangannya untuk kenang-kenangan Maruko yang akan pindah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai karakter santun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 May 2018 05:26
Last Modified: 16 May 2018 05:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3864

Actions (login required)

View Item View Item