PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL BLENDED BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE PESERTA DIDIK

Widya, Anggreni (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL BLENDED BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Widya Anggreni (E1Q017061) Prodi Pendidikan Fisika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
Jurnal Widya Anggreni ( E1Q017061).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (522kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model blended berbantuan simulasi virtual yang valid, praktis dan efektif. Produk yang dihasilkan meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Bahan Ajar, Instrumen Tes dan Media Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R & D) model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon dan uji coba terbatas terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan instrumen penelitian. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli dan validasi praktisi menunjukkan perangkat pembelajaran pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori sangat valid dan reliabel. Kepraktisan perangkat pembelajaran didapatkan dari angket respon peserta didik dan guru, memiliki skor rata-rata 91,73% yang termasuk dalam kategori sangat praktis untuk angket respon peserta didik dan 93,18% untuk angket respon guru. Hasil uji coba berupa efektifitas perangkat pembelajaran bagi peserta didik didapatkan hasil rata-rata uji N-Gain untuk pemahaman konsep sebesar 0,63 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hal ini, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model blended berbantuan simulasi virtual valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Blended Berbantuan Simulasi Virtual, Pemahaman Konsep Peserta Didik, Elastisitas Dan Hukum Hooke.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 May 2023 07:40
Last Modified: 25 May 2023 07:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38643

Actions (login required)

View Item View Item