TINJAUAN HUKUM TERHADAP UMKM YANG MENJUAL BARANG LEBIH MAHAL DARI HARGA BIASANYA DI LOKA WISATA (STUDI WISATA PANTAI SENGGIGI)

I WAYAN, SUJANA (2023) TINJAUAN HUKUM TERHADAP UMKM YANG MENJUAL BARANG LEBIH MAHAL DARI HARGA BIASANYA DI LOKA WISATA (STUDI WISATA PANTAI SENGGIGI). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi I WAYAN SUJANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal (I Wayan Sujana).pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (602kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor penyebab UMKM di tempat wisata menjual barang dagangannya lebih mahal dari harga biasanya dan perlindungan konsumen di tempat wisata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian hukum normatif-empiris dengan metode pendekatan perundang-undangan, konseptual dan sosiologis. Dari hasil penelitian ini sangat penting untuk mengetahui tinjauan hukum terhadap UMKM yang menjual barang dagangannya lebih mahal dari harga biasanya di loka wisata, sehingga terjaminnya hak-hak konsumen dalam melakukan kegiatan jual beli, dari kegiatan jual beli di tempat wisata Pantai Senggigi ada banyak faktor yang menyebabkan UMKM disana menjual barang dagangannya lebih mahal yaitu, ada faktor pajak yang dibayar oleh UMKM, ada faktor kesepakatan harga yang dibuat oleh para UMKM, dan ada faktor hari libur yang biasanya ramai pengunjung sehingga UMKM di tempat wisata Pantai Senggigi menjual barang dagangannya lebih mahal. Selanjutnya untuk perlindungan hukum untuk konsumen yaitu ada perlindungan hukum preventif dan represif. Perlindungan hukum preventif adalah berupa pencegahan yang dilakukan pemerintah yaitu pemerintah kabupaten lombok barat agar tidak terjadi sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha, dan untuk perlindungan hukum represif yaitu perlindungan akhir berupa sanksi seperti denda, penjara, dan hukuman tambahan yang diberikan apabila sudah terjadi sengketa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): UMKM, Harga, Loka Wisata, Perlindungan Hukum Konsumen
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 May 2023 06:16
Last Modified: 26 May 2023 06:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38663

Actions (login required)

View Item View Item