TRADISI REBO BONTONG DALAM MEMBENTUK CIVIC CULTURE MASYARAKAT SASAK DESA PRINGGABAYA KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

NURHI, DAYAT (2023) TRADISI REBO BONTONG DALAM MEMBENTUK CIVIC CULTURE MASYARAKAT SASAK DESA PRINGGABAYA KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
My SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses pelaksanaan tradisi Rebo Bontong; (2) Nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam tradisi Rebo Bontong sebagai Civic Culture; (3) Peran masyarakat dan pemerintah dalam menjaga eksistensi tradisi Rebo Bontong sebagai Civic Culture. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu: Kondensasi data, Penyajian data, dan Penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu pelaksanaan tradisi Rebo Bontong berbeda pada zaman dahulu dan sekarang. Pelaksanaan zaman dulu dilaksanakan secara mandiri, sedangkan sekarang dirangkaikan dengan upacara selametan atau Tetulak Tamperan. Niai-nilai yang ada dalam tradisi Rebo Bontong sebagai Civic Culture diantaranya: nilai religi, nilai sosial, nilai estetika, nilai ekonomi, dan nilai demokratis. Peran masyarakat dan pemerintah dalam menjaga eksistensi tradisi Rebo Bontong. Dimana peran masyarakat yaitu tetap melaksanakan dan memperkenalkannya kepada anak cucu mereka sedangkan dari pemerintah mensosialisasikan kepada masyarakat terkait tradisi Rebo Bontong dan mensuport baik dalam bentuk material ataupun non material.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tradisi, Rebo Bontong, Civic Culture
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 May 2023 03:04
Last Modified: 26 May 2023 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38681

Actions (login required)

View Item View Item