PENGARUH MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI MASYARAKAT SELEBUNG KETANGGA KECAMATAN KERUAK TAHUN 2013

Santoni, Jaka (2013) PENGARUH MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI MASYARAKAT SELEBUNG KETANGGA KECAMATAN KERUAK TAHUN 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (163kB)

Abstract

Kegiatan Keaksaraan Fungsional bertujuan untuk mewujudkan adanya kondisi masyarakat yang ada terbebas dari buta aksara. Buta aksara merupakan suatu keadaan dimana seseorang tidak mampu melakukan aktivitas membaca dan menulis yang diebabkan oleh karena tidak pernah mengikuti kegian pembelajaran baik yang formal maupun non formal. Hadirnya kegiatan keaksaraan fungsional sebagai bagian dari program pemerintah untuk mengentaskan buta aksara secara bertahap. Kegiatan Keaksaraan Fungsional bertujuan untuk mengurangi buta aksara baik menulis maupun membaca. Kecamatan Keruak tahun 2013 tahun 2013 merupakan salah satu Kecamatan yang memiliki tingkat buta aksara mencapai 16,6%. Desa Selebung merupakan salah satu Desa yang memiliki penduduk buta aksara cukup besar. Jumlah angka buta aksara yang terjadi di Desa Selebung pada saat ini mencapai jumlah 7,5 % dari total penduduk yang ada di Desa Selebung atau sekitar 1500 orang. Penggunaan media gambar ini disebabkan karena daya tangkap dan kemmapuan berpikir para warga belajar kurang baik sehingga untuk menjelaskan materi pembelajaran diperlukan adanya alat peraga yang dapat memperkuat pemahaman dan pengetahuan para warga belajar. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan menggunakan metode tes, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan model evaluasi dan jenis data yang dianalisis. Ada Pengaruh Media Gambar pada Pembelajaran Keaksaraan Fungsional di Masyarakat Selebung Ketangga Kecamatan Keruak Tahun 2013. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan dengan menggunakan t-hitung diperoleh nilai sebesar 7,10. Langkah selanjutnya adalah membandingkan nilai tersebut dengan nilai t pada derajat kepercayaan 5% dan diperoleh hasil sebesar 1,68 sehingga thitung > ttabel (9,49 > 1,68) sehingga Ha diterima dan H0 di tolak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Gambar, pembelajaran keaksaraan fungsional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 May 2018 06:03
Last Modified: 16 May 2018 06:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3869

Actions (login required)

View Item View Item