PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MEMORANDUM DENGAN POLA LATIHAN BERJENJANG SISWA KELAS VII A MTs DARUL QURAN BENGKEL TAHUN AJARAN 2011-2012

MULIA, DEDI ARI (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MEMORANDUM DENGAN POLA LATIHAN BERJENJANG SISWA KELAS VII A MTs DARUL QURAN BENGKEL TAHUN AJARAN 2011-2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menulis, terutama dalam menulis memorandum (pesan singkat), guru masih sering menggunakan sistem catat buku sampai habis, dan tidak adanya penggunaan metode pembelajaran yang mampu merangsang minat belajar siswa. Hal ini menyebabkan kurang efektifnya proses pembelajaran. Latar belakang tersebut mengantarkan peneliti untuk mengangkat masalah ini menjadi penelitian dengan rumusan masalah yaitu: Bagaimanakah peningkatan proses pembelajaran menulis memorandum (pesan singkat) dengan pola latihan berjenjang siswa kelas VII A MTs. Darul Quran Bengkel tahun ajaran 2011-2012?. Penelitian dilaksanakan MTs. Darul Quran Bengkel tahun ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 41 orang. Pelaksanaan dilakukan dengan dua siklus menggunakan instrumen penelitian berupa: (a) Lembar observasi aktivitas guru, (b) Lembar observasi aktivitas siswa, (c) Lembar kerja siswa, (d) Jurnal lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penugasan, jurnal lapangan, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif. Hasil penelitian menulis memorandum (pesan singkat) dengan pola latihan berjenjang siswa kelas VII A MTs. Darul Quran Bengkel tahun ajaran 2011-2012 mengalami peningkatan. Siswa yang dinyatakan tuntas jika memperoleh nilai skor 60. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 36 orang (87,80%), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 40 orang (97,56%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan, Kemampuan Menulis, memorandum (pesan singkat), Pola, Latihan, dan Berjenjang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 May 2018 06:02
Last Modified: 16 May 2018 06:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3871

Actions (login required)

View Item View Item