TRADISI MAULID NABI MASYARAKAT SUKU SASAK (Studi Di Dusun Gubuk Barat Dusun Gubuk Barat Desa Mamben Daya Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur)

DINA, AULIA (2023) TRADISI MAULID NABI MASYARAKAT SUKU SASAK (Studi Di Dusun Gubuk Barat Dusun Gubuk Barat Desa Mamben Daya Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DINA AULIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ARTIKEL DINA AULIA.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (1MB)

Abstract

Maulid nabi adalah salah satu seremonial keagamaan yang dilaksanakan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Salah satu daerah yang rutin dalam memperingati perayaan tradisi maulid nabi Muhammad SAW yakni Dusun Gubuk Barat Desa Mamben Daya yang terletak di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan dan nilai nilai yang terkandung dalam perayaan Maulid nabi di Dusun Gubuk Barat Desa Mamben Daya Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perayaan tradisi maulid nabi di Dusun Gubuk Barat Desa Mamben Daya memiliki dua tahapan yakni pra acara dan acara puncak. Masing-masing tahapan memiliki beberapa rangkaian. Perayaan tradisi maulid nabi di Dusun Gubuk Barat ini dilaksanakan mulai dari tanggal 1 hingga 12 Rabiul Awwal. Puncak acara wajib dilaksanakan pada tanggal 12 Rabiul Awwal dari pagi hingga sore hari. Keunikan tradisi ini terdapat pada sanganan yang hanya ada pada perayaan maulid nabi. Selain itu pada perayaan tradisi Maulid nabi ini memiliki beberapa nilai yang terkandung di dalamnya. Nilai tersebut antara lain; nilai keagamaan, nilai kebersamaan, nilai tolong menolong, nilai keindahan dan nilai budaya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Maulid Nabi, Proses Pelaksanaan, Nilai
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 May 2023 06:18
Last Modified: 26 May 2023 06:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38720

Actions (login required)

View Item View Item