MODEL PENYIRAMAN OTOMATIS TANAMAN ANGGREK BULAN SERTA MONITORING KONDISI SUHU DAN INTENSITAS CAHAYA (STUDI KASUS LOMBOK ORCHID)

MUHAMMAD HARDIAN, HIDAYAT (2023) MODEL PENYIRAMAN OTOMATIS TANAMAN ANGGREK BULAN SERTA MONITORING KONDISI SUHU DAN INTENSITAS CAHAYA (STUDI KASUS LOMBOK ORCHID). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Tugas Akhir _Muhammad Hardian Hidayat_F1D018038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Tugas Akhir_Muhammad Hardian Hidayat_F1D108038.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Anggrek merupakan tanaman yang sangat populer karena memiliki bunga yang indah, tanaman anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) salah satu jenisnya. Namun untuk memantau kondisi ideal serta penyiraman pada tanaman anggrek bulan masih dilakukan dengan cara manual. Sehingga akan memakan banyak waktu dan penyiraman yang dilakukan secara berlebihan akan berakibat terganggunya pertumbuhan tanaman anggrek bulan. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk merancang “Model Penyiraman Otomatis Tanaman Anggrek Bulan Serta Monitoring Kondisi Suhu Dan Intensitas Cahaya (Studi Kasus Lombok Orchid)”. Alat ini menggunakan NodeMCU 8266 sebagai microcontroller, DHT11, BH1750, soil moisture, dan relay serta menggunakan komunikasi data MQTT. Penelitian ini menggunakan pengujian perangkat yakni untuk menguji seluruh sensor seperti DHT11, BH1750, soil moisture, serta relay dari segi fungsionalitas. Didapat hasil bahwa semua sudah bekerja dengan baik membaca perubahan yang terjadi. Setelah itu dilakukan pengujian keseluruhan sistem dengan membuat beberapa skenario untuk melihat reaksi sistem terhadap skenario yang dibuat. Pada skenario penyiraman yaitu ketika kondisi media tanam kering dengan kelembapan di bawah 60%. Berikutnya ketika kondisi di dalam greenhouse tidak optimal dengan intensitas cahaya di atas 40%, suhu di atas 27°C serta kelembapan udara di bawah 60%. Hasil yang didapat bahwa sistem telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan perancang sistem. Dan pada pengujian tahap akhir, dilakukan pengujian sistem kontrol kelembapan media tanam di dapat juga sistem mampu mengontrol kelembapan media tanam di atas 60% ketika terjadi perubahan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anggrek, IoT, NodeMCU, Monitoring, Penyiraman Tanaman
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 May 2023 08:41
Last Modified: 26 May 2023 08:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38727

Actions (login required)

View Item View Item