ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA BERDASARKAN PENDEKATAN BEHAVIORISME B.F. SKINNE

Ema, Septiani (2023) ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA BERDASARKAN PENDEKATAN BEHAVIORISME B.F. SKINNE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Ema Septiani_E1C019054_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Ema Septiani_E1C019054_Jurnal.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (184kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana psikologi sepuluh tokoh utama dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata berdasarkan pendekatan Behaviorisme B.F. Skinner. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan psikologi tokoh utama dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata yang dikaji menggunakan teori pendekatan Behaviorisme B.F. Skinner. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan yang terdapat dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan teknik catat. Metode analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah psikologi kepribadian tokoh utama terbentuk karena pengaruh lingkungan yang dapat diamati melalui stimulus dan respon dari setiap tokoh utama. Psikologi kepribadian sepuluh tokoh utama terbentuk dari stimulus yang berbeda, baik stimulus terkondisi maupun tak terkondisi. Stimulus tersebut menimbulkan respon positif dan negatif dari tokoh utama dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata. Dengan adanya stimulus dan respon maka dapat diamaati psikologi kepribadian yang bterbentuk pada sepuluh tokoh utama dalam novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): psikologi, tokoh utama, behaviorisme Skinner
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 May 2023 08:41
Last Modified: 26 May 2023 08:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38728

Actions (login required)

View Item View Item