ANALISIS DAN PERANCANGAN KEAMANAN JARINGAN DENGAN METODE STATEFUL MULTILAYER INSPECTION FIREWALL MENGGUNAKAN ROUTER MIKROTIK DALAM PENGAMANAN SERVER

ABD. HARIS, KUSNADI (2023) ANALISIS DAN PERANCANGAN KEAMANAN JARINGAN DENGAN METODE STATEFUL MULTILAYER INSPECTION FIREWALL MENGGUNAKAN ROUTER MIKROTIK DALAM PENGAMANAN SERVER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan_TA2_F1D016002_ABD_HARIS_KUSNADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_TA_F1D016002_Abd_Haris_Kusnadi_rev.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Router merupakan gerbang utama dalam mengakses jaringan yang terhubung dengan server dan sering kali dijadikan sebagai akses utama dalam penyerangan pada suatu jaringan komputer. salah satu cara untuk meminimalisir serangan pada suatu jaringan. yaitu dengan melakukan pengamanan pada router, akan tetapi sistem keamanan bawaan yang ada pada router sering kali dapat ditembus oleh penyerang dengan menggunakan teknik serangan seperti Distributed Denial of Service (DDoS) dan Synchronize (SYN) Flooding. Sehingga, dibutuhkan sebuah metode pengamanan pada router untuk mengatasi hal tersebut. Peneliatan ini bertujuan untuk mengamankan server dari serangan DDoS dengan menggunakan firewall router mikrotik dengan metode statefull multilayer inspection firewall untuk mengetahui performa dari router saat dilakukan penyerangan dengan DDoS ke server. Dari pengujian yang dilakukan didapatkan hasil dari kinerja routersaat menggunakan packet filtering firewall untuk mengatasi serangan UDP/TCP flooding sebesar (96%) CPU dan serangan SYN flooding sebesar (69%) CPU terpakai sedangakan untuk pengamnana menggunakan metode statefull multilayer inspection firewall didapatkan hasil performa CPU dari router yang tidak terlalu meningkat yaitu untuk penyerangan TCP/UDP flooding sebsera (10%) CPU terpakai dan untuk serangan SYN flooding sebesar (7%) CPU terpakai, Penggunaan metode statefull multilayer inspection firewall dapat menurunkan kinerja dari CPU pada router daripada menggunakan packet filtering firewall.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Router,Server Distributed Denial of Service, Synchronize flooding, Packet filtering Firewall, Stateful multilayer inspection firewall.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 May 2023 08:41
Last Modified: 26 May 2023 08:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38734

Actions (login required)

View Item View Item