STATUS KEKUATAN HUKUM WAKAF TANPA SERTIFIKAT DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF DI KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM

TITI, NURANIAH (2023) STATUS KEKUATAN HUKUM WAKAF TANPA SERTIFIKAT DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF DI KECAMATAN SANDUBAYA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TITI SKRIPSI FIXX (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL TITI NURANIAH.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kekuatan hukum tanah wakaf tanpa sertifikat dalam perspektif hukum islam, Untuk mengetahui kekuatan hukum tanah wakaf tanpa sertifikat dalam perspektif hukum positif. Status kekuatan sertifikasi di Kec. Sandubaya Kota Mataram. Metode penelitian Jenis Penelitian yang digunakan adalah hukum empiris. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan danPerundang-undangan (Statute Approach) Pendekatan Sosiologis (Sociological Approach), dan pendekatan konseptual (Conceptual Approach). Berdasarkan hasil penelitian bahwa yang pertama, Hukum Islam, sertifikat wakaf memang bukanlah suatu keharusan, namun melihat banyaknya persoalan yang muncul pasca meninggalnya pewakaf maka sudah saatnya tanah wakaf yang belum ada sertifikat untuk menguruskannya kepada BPN. Dalam Islam meski tanpa sertifikat wakaf tetap sah dan orang yang melakukannya mendapatkan pahala karena telah melaksanakan sebuah perintah yang dianjurkan oleh agama, karena dalam ajaran agama Islam wakaf dianggap sah apabila sudah memenuhi rukun dan syarat yang telah ditetapkan, Hukum Posistif adanya sertifikat maka diharapkan secara yuridis dapat memberikan jaminan kepastian hukum dan hak oleh negara bagi pemegang hak atas tanahnya. yang kedua Sebaliknya bila tanah wakaf tersebut tidak adanya sertifikat, konsekuensinya adalah dapat saja memunculkan persengketaan di kemudian hari. Hal ini sangat mungkin terjadi bila pewakafnya meninggal dunia. Ahli waris atau pihak yang merasa berhak akan menggugat tanah yang telah diwakafkan kepada nazhir untuk dikuasainya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hukum, Sertifikat, Wakaf
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 May 2023 08:46
Last Modified: 26 May 2023 08:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/38739

Actions (login required)

View Item View Item